Scroll Untuk Baca Artikel
Peristiwa

Banjir Masih Genangi Jalan Pantura Kudus-Demak, Pemprov Jateng Siapkan 3 Jalur Alternatif Ini

×

Banjir Masih Genangi Jalan Pantura Kudus-Demak, Pemprov Jateng Siapkan 3 Jalur Alternatif Ini

Sebarkan artikel ini
Jalur Alternatif Demak | Pemungutan Suara
Foto udara kondisi jalur pantura Demak-Kudus yang terendam banjir di Kecamatan Karanganyar, Kabupaten Demak, Jawa Tengah, Jumat, 9 Februari 2024. (ant)

DEMAK, beritajateng.tv – Pemerintah Provinsi Jawa Tengah bersama Polda Jateng telah menyiapkan jalan alternatif bagi pengendara untuk menghindari banjir di jalan Pantura yang masih lumpuh akibat banjir di Demak.

“Jalur pantura di wilayah Karanganyar [Demak] masih tergenang dengan ketinggian 1 s.d. 1,5 meter. Maka, arus lalu lintas kami alihkan ke jalur alternatif,” ujar Penjabat Gubernur Jateng, Nana Sudjana, di Demak, Sabtu, 10 Februari 2024.

Advertisement
Scroll kebawah untuk lihat konten

Di sela meninjau rute alternatif di Simpang Trengguli, Demak, ia menyebutkan setidaknya ada tiga alternatif dari arah barat atau Semarang yang bisa pengendara lewati jika menuju ke timur.

BACA JUGA: Jalan Pantura Kudus-Demak-Semarang Masih Lumpuh Akibat Sungai Meluap, Ini Jalur Alternatif Hindari Banjir

  1. Pertama, rute Semarang-Demak kemudian belok kiri di Simpang Trengguli, lalu berlanjut ke rute Trengguli-Welahan-Margoyoso, dan selanjutnya mengambil rute Margoyoso-Kudus-Pati.
  2. Kedua, jika terjadi kemacetan atau penumpukan kendaraan di Jalan Margoyoso-Kudus maka pengguna jalan dapat mengambil rute Margoyoso-Jepara-Keling-Tayu-Pati.
  3. Ketiga, dari arah barat dapat melintasi rute Semarang-Lingkar Demak, kemudian ambil jalur Demak-Godong-Klambu-Kudus, dan dilanjutkan jalur lingkar Kudus-Pati.

“Bagi masyarakat yang dari Semarang menuju Surabaya, kami harapkan tidak melewati Demak, tetapi langsung masuk ke jalan tol Solo-Ngawi-Surabaya. Begitu juga dengan arah sebaliknya,” tuturnya.

Jalur alternatif hindari banjir Demak dari arah Pati dan Kudus

Pengalihan atau rekayasa arus lalu lintas juga berlaku untuk pengguna jalan dari arah timur (Pati dan Kudus) menuju barat (Semarang) dalam tiga skema alternatif.

  1. Jalur alternatif pertama: rute dari Pati-Kudus dialihkan melalui jalur Kudus-Margoyoso, kemudian ambil rute Margoyoso-Welahan-Trengguli-Lingkar Demak, dan selanjutnya melintas Tol Demak-Semarang dan Semarang-Krapyak.
  2. Jalur alternatif kedua: dari arah Pati apabila terjadi macet di Margoyoso maka beralih melalui rute Pati-Tayu menuju ke jalur Keling-Jepara-Margoyoso-Welahan-Trengguli, kemudian, melintas di Lingkar Demak dan Tol Demak-Semarang.
  3. Jalur alternatif ketiga: dari arah Pati melewati Pati-Lingkar Utara Purwodadi-Godong-Demak-Lingkar Demak-Tol Demak-Semarang.

BACA JUGA: Daerah Terdampak Banjir Demak Masih Terendam, KPU Bakal Pindahkan Lokasi TPS Setempat

Tinggalkan Balasan