Scroll Untuk Baca Artikel
HeadlineNews UpdatePendidikan

‘Becikku’ Kendaraan Listrik Ciptaan Udinus Semarang, Mampu Beroperasi Tanpa Sopir

×

‘Becikku’ Kendaraan Listrik Ciptaan Udinus Semarang, Mampu Beroperasi Tanpa Sopir

Sebarkan artikel ini

Udinus Semarang menciptakan kendaraan listrik tanpa awak bernama Becikku

Wali Kota Semarang Hevearita Gunaryanti Rahayu melihat langsung kendaraan listrik bernama Becikku karya Udinus Semarang, Senin (20/3/2023). (Ellya - beritajateng.tv)

Becak tidak hanya dilengkapi kamera bawah, namun juga kamera depan untuk menangkap gambar gedung-gedung yang ada di Kota Lama.

Kendaraan tersebut akan menampilkannya melalui layar yang terdapat di bagian depan kursi penumpang sekaligus menjelaksan melalui suara.

Advertisement
Scroll kebawah untuk lihat konten

“Misalnya, ada Gereja Belenduk, Marabunta, akan diinformasikan ke penunpangnya melalui layar, sekaligus akan diberi suara. Gereja Belenduk dibuat tahun berapa, dan sebagainya,” jelasnya.

Anggota tim pembuatan becak listrik, Toriq Akbar Bagaskoro mengatakan, sejauh ini kendaraan listrik tersebut memang belum diuji lebih lanjut berapa banyak tegangan listrik yang dibutuhkan untuk menempuh sekian kilometer.

Namun, dari uji coba yang dilakukan, pihaknya menggunakan 62 volt untuk kemudi depan dan 24 volt untuk kontrol belakang.

“Itu sudah bisa untuk muter-muter lama saat uji coba, sekitar kampus Udinus, ke kampung-kampung. Turunnya sehari 1 volt,” jelasnya.

Diakui Toriq, hal yang cukup sulit saat menciptakan becak listrik tanpa pengemudi ini adalah bagian mekanisme jalan otomatis.

Pasalnya, becak perlu mengetahui sensor di sekitar, misalnya, di perempatan, ada orang, pohon, dan lain sebagainya.

Dia bersama tim terus melakukan pengembangan untuk menciptakan becak listrik tersebut lebih baik. (*)

Editor: Elly Amaliyah

Tinggalkan Balasan