Kapolres Blora Sebut Alokasi Anggaran Berkurang 4,72 Persen

Kapolres Blora AKBP Fahrurozi. /Foto: Heri P.

Blora, 30/11 (BeritaJateng.tv) – Polres Blora, Polda Jateng mensosialisasikan alokasi anggaran Tahun Anggaran (TA) 2023 di Aula Arya Guna, Rabu (30/11/2022) dengan mengundang Forkompimda dan sejumlah elemen masyarakat.

Kapolres Blora AKBP Fahrurozi menyampaikan bahwa alokasi untuk anggaran Polres Blora pada TA 2023 secara umum menurun bila dibandingkan dengan anggaran TA 2022.

“Tahun Anggaran 2022 anggaran Polres Blora sebesar Rp. 94.457.740.000 dan ditahun 2023 sebesar Rp. 89.999.399.000. Jadi ada selisih anggaran sebesar Rp. 4.458.341.000 atau menurun sekitar 4,72 persen,” ungkapnya.

Adapun sumber anggaran tahun 2023 dari Rupiah Murni (RM), lanjut Kapolres, sebesar Rp. 86.869.389.000 dan dari sumber pendapatan negara bukan pajak, (PNBP) sebanyak Rp. 3.130.010.000.

“Sosialisasi alokasi anggaran ini pada prinsipnya Polres Blora menerapkan keterbukaan. Anggaran bukan milik kasatker atau kasubsatker, tetapi milik pelaksana kegiatan agar penggunaannya dapat dipertanggungjawabkan,” tegas AKBP Fahrurozi.

“Kami berharap, dengan terdukungnya kegiatan Polres Blora melalui anggaran dapat meningkatkan pelayanan kepada masyarakat di wilayah Kabupaten Blora, sehingga pelayanan bisa maksimal,”jelasnya.

Kegiatan sosialisasi anggaran ini dihadiri oleh Kabag Renprogar Biro Perencanaan Polda Jateng AKBP Yudy Priyono.

Kehadiran Kabag Renprogram Biro Pencanaan Polda Jateng, membuat sejumlah pejabat utama Polres Blora mempertanyakan adanya pengurangan anggaran pada pos tertentu.

Ada juga yang anggaranya dari tahun ke tahun tetap padahal capaian kerja melebihi target.

AKBP Yudi Priyono mengatakan, alokasi anggaran tersebut berdasarkan hasil evalusi juga, namun semua perlu dikoordinaaikan lagi agar sesuai dengan kebutuhan dan targetnya.

“Saya mohon kalau memgajukn anggaran itu sesuai kinerja masing masing, kn bisa dihitung personil berapa penanganan kasus berapa sikalikan indeks. Selain itu koordinasikan dulu agar kami bisa mengusulkan anggaran yang dibutuhkan. Disinilah perlunya sosialisasi,” ungkapnya.

Ditambahkanya, sosialisasi ini agar anggota Polres Blora memahami dan bisa melaksanakan sesuai dengan ketentuan. Yakni terkait pembiayaan operasional maupun non operasional.

“Kegiatan sosialisasi alokasi anggaran 2023 di Polres Blora hasil penyusunan untuk pembiayaan operasional maupun non operasional,” ujar AKBP Yudi Priyono. (Her/El)

 

Tinggalkan Balasan