Scroll Untuk Baca Artikel
Politik

Ketua DPRD Jateng Sumanto Raih Suara Terbanyak di Dapil 6, Potensi Sumbang Banyak Kursi untuk PDIP

×

Ketua DPRD Jateng Sumanto Raih Suara Terbanyak di Dapil 6, Potensi Sumbang Banyak Kursi untuk PDIP

Sebarkan artikel ini
DPRD jateng 6
Foto dari kiri: Sumanto (PDIP) (Dok: DPRD Jateng), Wulan Purnama Sari (PDIP) (Dok: Instagram.com/wulan.purnama.s), dan Bondan S Bomo Aji (Golkar) (Dok: DPRD Jateng)

SEMARANG, beritajateng.tv – Di antara 12 daerah pemilihan (dapil) lainnya di Pileg DPRD Provinsi Jateng 2024, dapil 6 yang meliputi Kabupaten Wonogiri, Karanganyar, dan Sragen menjadi pendulang suara terbanyak untuk PDI Perjuangan.

Dalam perolehan suara sah partai politik (parpol) yang KPU Jateng rilis, PDI Perjuangan meraih 716.105 suara.

Advertisement
Scroll kebawah untuk lihat konten

Bahkan, jumlah suara Partai Golkar yang menduduki peringkat kedua itu mampu menyusul PDI Perjuangan jika suaranya dikalikan 3 (tiga). Lantaran, Partai Golkar meraih suara sebanyak 265.284 pada dapil yang sama.

Sementara itu, Partai Keadilan Sejahtera (PKS) menjadi partai dengan perolehan suara terbanyak ketiga di dapil 6, yaitu 197.447 suara. Disusul oleh Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) dengan perolehan 142.624 suara yang membuat parpol itu menduduki peringkat 4 (empat). Lebih lanjut, Partai Gerindra memeroleh 141.866 suara yang membuat parpol itu berada di peringkat 5 (lima).

BACA JUGA: Real Count DPRD Jateng Dapil 6: Sumanto Unggul Telak, PDIP Kuasai Suara

Periode 2019-2024 lalu, PDI Perjuangan berhasil meraih 4 (empat) kursi dari dapil 6. Adapun nama-nama itu ialah Sumanto, Ayuning Sekar Suci, Untung Wibowo Sukowati, dan MH Zainudin.

Sumanto raih suara tertinggi

Ketua DPRD Provinsi Jawa Tengah, Sumanto kembali berlaga dalam Pileg DPRD Provinsi Jateng 2024. Maju dengan nomor urut 01, Sumanto meraih suara tertinggi, yakni sebanyak 170.579 suara. Diketahui, perolehan suara Sumanto paling tinggi di antara ratusan caleg yang berlaga pada dapil itu.

Setelah Sumanto, Anggota DPRD Kabupaten Sragen yang hendak naik kelas ke tingkat provinsi, Wulan Purnama Sari meraih suara terbanyak kedua, yakni sebesar 135.958 suara.

Tinggalkan Balasan