Ketua DPRD Kota Semarang Lantik PAW Subagno Makno Bayu Kusumo

PAW Subagno Makno Bayu Kusumo

Semarang, 5/9 (BeritaJateng.tv) – Ketua Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kota Semarang, Kadarlusman resmi melantik anggota pergantian Antar Waktu (PAW) Subagno Makno Bayu Kusumo yang menggantikan Alm. Dibyo Sutiman yang meninggal dunia sebagai anggota DPRD Kota Semarang.

Pelantikan digelar dalam rapat paripurna DPRD Kota Semarang dengan agenda Pelantikan dan Pemberhentian PAW masa jabatan 2019-2024. Kegiatan tersebut dihadiri Walikota Semarang Hendrar Prihadi di Ballroom Hotel Quest Semarang, Senin (5/9).

Sebelum acara pelantikan, Ketua DPRD Kota Semarang, Kadarlusman mengambil sumpah jabatan dari Subagno Makno Bayu menjadi anggota DPRD Kota Semarang masa jabatan 2019-2024 dari fraksi PDI Perjuangan, menggantikan Alm. Dibyo Sutiman.

Pelantikan Subagno ditandai dengan simbolis dengan pemasangan pin DPRD Kota Semarang oleh Ketua DPRD Kota Semarang.

Ketua DPRD Kota semarang, Kadarlusman mengatakan, bahwa pelantikan dan pemberhentian PAW adalah hal yang wajar, bilamana ada anggota DPRD yang berhalangan tetap. Karena meninggal dunia, atau mengundurkan diri yang digantikan dengan perolehan suara terbanyak di bawahnya, dari fraksi PDI Perjuangan.

“Setelah dilantik ini resmi menjadi anggota dewan masa jabatan 2019-2024, Subagno Makno menggantikan Alm Sudibyo Sutiman yang meninggal pada Maret 2022 lalu. Dan hari ini dilaksanakan peresmian dan pemberhentian PAW dalam rapat paripurna DPRD Kota Semarang,” terangnya.

Acara pelantikan ini digelar setelah melalui semua tahapan proses yang ada sebelumnya yang diajukan. “Kemudian penggantian PAW baru bisa dilaksanakan berdasarkan setelah turun surat keputusan dari gubernur satu pekan lalu, dan dijadwalkan pelantikan hari ini,” imbuh Pilus, sapaan akrab Ketua DPRD Kota Semarang.

Harapannya dengan adanya personel yang baru di dewan, dia meminta agar Subagno bisa melaksanakan tugas sebagai wakil rakyat dengan baik, bertanggunjawab terhadap konstituen dan merawat serta bisa mewakili yang digantikan.

“Sehingga  masyarakat tidak merasa kehilangan atas wakilnya. Selain itu, harus turun kebawah terus tangungjawab terhadap pekerjaan sebagai anggota dewan yakni fungsi pengawasan budgeting dan pembuatan perda. Saya rasa Mas Noli (Subagno-red) ini belajar juga tatib yang disahkan oleh DPRD kota Semarang,” paparnya.

Walikota Semarang, Hendrar Prihadi memberikan ucapan selamat kepada anggota dewan yang dilantik dan ucapan terimakasihnya ke Gubernur, dan Ketua DPRD yang telah memproses PAW dari Alm. Dibyo Sutiman kepada Mas Noli (Subagno-red).

Harapannya dengan dilantiknya mas Noli ini yang mengantikan alm Dibyo Sutiman kini dewan sudah full tim, lengkap dengan total anggota dari fraksi PDI P ada 19 orang.

“Setelah dilantik ini, yang bersangkutan bisa turun ke masyarakat, adaptasinya tidak lama-lama ,apa yang dijanjikan selama kampaye segera direalisasikan dan kalau ada moment sosial penyaluran blt ya harus juga turun langsung memastikan distribusi berjalan dengan baik dan lancar,” katanya.

Hendi, sapaan akrab Walikota Semarang juga berpesan kepada Subagno untuk bisa bekerja dengan baik, mengikuti atutan ketentuan yang ada, sering turun kebawah. “Lalu, mendengarkan konstituen untuk menjadi kebijakan pembangunan di wilayah masing-masing,” pungkas Hendi. (Ak/El)

Leave a Reply