Scroll Untuk Baca Artikel
Feature

Kisah Tirta Lie Cicipi Lebih dari 2.000 Bakmie Berbeda, Berawal dari Hobi Bersepeda

×

Kisah Tirta Lie Cicipi Lebih dari 2.000 Bakmie Berbeda, Berawal dari Hobi Bersepeda

Sebarkan artikel ini
Tirta Lie
Tirta Lie, penggagas Tirta Lie Noodle Festival saat singgah di Semarang, Kamis 31 Agustus 2023. (Fadia Haris Nur Salsabila/beritajateng.tv)

SEMARANG, beritajateng.tv – Nama Tirta Lie begitu erat dengan semangkok bakmie khas Tionghoa. Bagaimana tidak, ia mengaku telah mencicipi lebih dari 2.000 bakmie di seluruh Indonesia.

Namun siapa sangka kisah Tirta Lie mengenal bakmie ternyata bermula dari keisengannya bersepeda setiap pagi. Lebih dari 10 tahun yang lalu, tepatnya pada 2005, Tirta mulai mencicipi bakmie dari satu tempat ke tempat yang lain.

Advertisement
Scroll kebawah untuk lihat konten

“Dari tahun 2005, awalnya cuma iseng sepeda habis subuh. Tapi kalau di Jakarta itu hampir sebagian besar daerah punya jualan mie, 10 meter sekali ada yang jualan bakmie, pulang sepeda lapar ya saya makan paginya bakmie,” ujarnya kepada beritajateng.tv pada acara Tirta Lie Noodle Festival di Atrium Mal Tentrem Semarang, Kamis 31 Agustus 2023.

BACA JUGA: Pecinta Mie Wajib Datang! Festival Bakmie Terbesar Tirta Lie Hadir di Mal Tentrem Semarang

Sejak saat itu, Tirta mulai jatuh cinta pada semangkok mie. Tiap hari, tiap waktu, ia selalu menyempatkan diri mencoba berbagai jenis bakmie di seluruh Indonesia. Atas kegilaannya pada bakmie tersebut, ia bahkan mendapat penghargaan dari Museum Rekor Indonesia (MURI) sebagai “Pengunjung dan Peresensi Rasa Bakmie Terbanyak” dengan telah mengeksplor lebih dari 1.000 tempat bakmie pada tahun 2014 lalu.

Semenjak itu, Tirta tak ingin hanya menjadi penikmat bakmie biasa. Ia kemudian berambisi untuk menyatukan berbagai varian bakmie dalam satu festival besar. Lahirnya Tirta Lie Noodle Festival.

“Karena orang Indonesia suka bakmie, makanya saya ingin mengajak semuanya. Saya merasa, wah ini kalau kita angkat kita satukan semua pasti hebat sekali. Hingga tahun 2017 pertama kali bikin festival bakmie, waktu itu masih di Jakarta,” lanjutnya.

Tinggalkan Balasan