Scroll Untuk Baca Artikel
Gaya Hidup

Kumpulan Doa Tahun Baru 2024, Untuk Resolusi yang Lebih Baik

×

Kumpulan Doa Tahun Baru 2024, Untuk Resolusi yang Lebih Baik

Sebarkan artikel ini
ilustrasi berdoa dan membaca quran
Ilustrasi berdoa dan membaca quran. (Foto: Pixabay)

SEMARANG, beritajateng.tv – Dunia kini sudah memasuki tahun baru 2024 yang tentunya akan membawa semangat dan harapan yang baru. Berikut ini kumpulan doa tahun baru.

Umumnya, dalam membuka lembaran baru seperti tahun baru ini, orang akan berdoa untuk resolusi, impian dan harapan mereka dapat berjalan dengan baik di masa yang akan datang.

Advertisement
Scroll kebawah untuk lihat konten

Adapun dalam konteks spiritual, doa tahun baru menjadi bagian yang penting untuk menyambut awal yang baru. Maka tak heran, orang melakukan doa bersama saat pernikahan, acara pengajian hingga tasyakuran seperti layaknya doa tahun baru ini.

Doa tahun baru meliputi rasa syukur atas berkat yang telah diterima selama tahun yang lalu. Ibadah tersebut juga bersatu dengan permohonan atas petunjuk, berkah dan kekuatan untuk tahun yang akan datang.

Lantas, apa saja doa-doa untuk tahun baru yang bisa kita amalkan itu? Yuk simak di bawah ini.

Sebelum kita membaca doa tahun baru, pastikan untuk mengetahui terlebih dahulu waktu yang tepat untuk mengamalkannya.

BACA JUGA: Cocok untuk Kulineran Bareng di Malam Tahun Baru, Ini Rekomendasi 9 Tempat Makan Enak di Kota Semarang

Kamu bisa melakukan ibadah tersebut pada saat pergantian tahun kalender Hijriyah, yakni pada malam 1 Muharram. Jika dikonversikan dengan kalender Masehi, maka doa dilakukan begitu memasuki 1 Januari 2024, atau Senin dinihari 1 Januari 2024.

Namun, seseorang juga diperbolehkan membaca hingga sebelum pergantian ke tanggal 2. Jika lupa, maka doa awal tahun bisa dilakukan setelahnya asal masih di awal tahun. Wallahua’lam.

Doa tahun baru

1. Doa tahun baru

اَللّٰهُمَّ أَنْتَ الأَبَدِيُّ القَدِيمُ الأَوَّلُ وَعَلَى فَضْلِكَ العَظِيْمِ وَكَرِيْمِ جُوْدِكَ المُعَوَّلُ، وَهٰذَا عَامٌ جَدِيْدٌ قَدْ أَقْبَلَ، أَسْأَلُكَ العِصْمَةَ فِيْهِ مِنَ الشَّيْطَانِ وَأَوْلِيَائِهِ، وَالعَوْنَ عَلَى هٰذِهِ النَّفْسِ الأَمَّارَةِ بِالسُّوْءِ، وَالاِشْتِغَالَ بِمَا يُقَرِّبُنِيْ إِلَيْكَ زُلْفَى يَا ذَا الجَلَالِ وَالإِكْرَامِ

Allâhumma antal abadiyyul qadîmul awwal. Wa ‘alâ fadhlikal ‘azhîmi wa karîmi jûdikal mu‘awwal. Hâdzâ ‘âmun jadîdun qad aqbal. As’alukal ‘ishmata fîhi minas syaithâni wa auliyâ’ih, wal ‘auna ‘alâ hâdzihin nafsil ammârati bis sû’I, wal isytighâla bimâ yuqarribunî ilaika zulfâ, yâ dzal jalâli wal ikrâm.

Artinya: “Tuhanku, Kau yang Abadi, Qadim, dan Awal. Atas karunia-Mu yang besar dan kemurahan-Mu yang mulia, Kau menjadi pintu harapan. Tahun baru ini sudah tiba. Aku berlindung kepada-Mu dari bujukan Iblis dan para walinya di tahun ini.

Selain untuk tahun baru, kamu juga bisa membaca kumpulan doa menyambut tahun baru 2024 di bawah ini.

2. Doa untuk kesuksesan

Ya Allah, Pemilik Segala Kekuatan, pada Tahun Baru ini, kami berharap agar Engkau memberkahi setiap langkah kami menuju kesuksesan. Bimbinglah kami dalam mencapai tujuan-tujuan yang kami tetapkan dan berikan kami keberanian serta ketekunan untuk menghadapi tantangan.

3. Doa untuk kedamaian

Ya Allah, Pemberi Rezeki, di tengah-tengah ketidakpastian ekonomi, kami bersyukur atas segala rezeki yang Engkau berikan selama ini. Pada Tahun Baru ini, kami berdoa agar Engkau terus melimpahkan rezeki kepada keluarga kami dan seluruh umat-Mu.

BACA JUGA: Selamat Tahun Baru! Ini Rekap Film Terpopuler Sepanjang Tahun 2023, Ada Favoritmu?

Tinggalkan Balasan