Lapak Baru Pedagang Korban Kebakaran Relokasi Pasar Johar MAJT Siap Ditempati

Lapak baru untuk korban kebakaran di Relokasi Pasar Johar MAJT rampung dibangun. /Steve Arie.

SEMARANG, 2/3 (BeritaJateng.tv) – Pembangunan tempat relokasi bagi pedagang korban kebakaran di Pasar Johar Masjid Agung Jawa Tengah (MAJT) telah rampung. Dalam waktu dekat, pedagang pun siap menempati pasar relokasi di  sebelah Selatan Pasar Kanjengan.

Kepala Dinas Perdagangan Kota Semarang, Nurkholis menjelaskan jika dalam waktu dekat pihaknya akan mengecek lapangan, lalu dilakukan penataan sesuai dengan zonasi yang telah ditetapkan.

“Akan kita tata sesuai zonasi, misal  konveksi, pecah belah  dan bumbon. Total ada 130 lapak yang kita bangun,” katanya.

Ia menjelaskan, 130 lapak ini mayoritas pedagang dasaran terbuka (DT) yang akan ditempatkan di Shopping Center Johar (SCJ). Pengundian berdasarkan zonasi pun telah dilakukan, namun penempatan pedagang akan diserahkan kelompok pedagang.

“Nanti kita akan evaluasi lagi, misalnya  ada yang kurang, yang belum dapat berapa akan kita carikan solusi,” bebernya.

Sebelumnya, telah dilakukan penataan pedagang pecah belah pun sudah dilakukan di Johar Tengah dan Utara, dari total 50 pedagang dipastikan pindah ke lantai dua Johar Tengah. Targetnya, penataan bisa rampung sebelum puasa.

“Jika memang ada pedagang yang enggan pindah, dinas mewajibkan agar pedagang tersebut bisa menyesuaikan dengan zonasi yang sudah kita tetapkan.

Kepala Satpol PP Kota Semarang, Fajar Purwoto mengatakan penataan lapak kategori pecah belah telah dirampungkan di Johar Cagar Budaya. Sementara lapak kosong bekas pedagang yang dipindah, nantinya akan diberikan ke pedagang lain yang sudah memiliki BAST.  (Ak/El)

Leave a Reply

Your email address will not be published.