Meriahnya Tasyakuran Hari Jadi Blora ke – 273 di Cepu

Tasyakuran Hari Jadi Blora ke - 273 di Cepu. /Foto: Heri P.

BLORA, 21/12 (BeritaJateng.tv) – Tasyakuran dalam rangka peringatan Hari Jadi Blora ke – 273, di Cepu, Selasa (20/12/2022)’malam dengan gelaran wayang kulit di lapangan Tuk Buntung Kecamatan Cepu, meriah.

Bupati H. Arief Rohman bersama Wakil Bupati Tri Yuli Setyowati, dan jajaran Forkopimda juga tampak hadir. Para Kepala OPD, Camat, hingga Kepala Desa juga tampak hadir di tengah ribuan warga yang memadati Lapangan Tuk Buntung Cepu.

Malam tasyakuran diawali dengan pelantikan Dewan Kebudayaan Daerah (DKD) Kabupaten Blora oleh Bupati, yang diketuai Dalhar Muhammadun.

Serta potong tumpeng oleh Bupati didampingi Forkopimda, pihak ExxonMobil (EMCL), Pertamina, SKK Migas, hingga Ademos Indonesia yang telah mendukung terselenggaranya Malam Tasyakuran.

Bupati Arief dalam sambutannya mengungkapkan rasa senang dan bahagia bisa melaksanakan malam Tasyakuran dengan hiburan wayang kulit di Kecamatan Cepu.

“Dalam kesempatan ini kami ucapkan terimakasih kepada ExxonMobil, Pertamina, SKK Migas, Ademos Indonesia dan pihak lainnya yang telah membantu terselenggaranya malam tasyakuran dengan hiburan wayang kulit ini. InshaAllah mulai tahun ini dan selanjutnya tasyakuran Hari Jadi Kabupaten Blora, tidak hanya di Blora Kota saja namun juga di Cepu yang merupakan pusat pertumbuhan ekonomi Kabupaten Blora. Resepsi Hari Jadi ke 273 sudah pekan lalu di Blora, kini malam tasyakuran kita gelar di Tuk Buntung Cepu. Hiburan lainnya juga kita bagi di beberapa kecamatan lain agar tidak hanya terpusat di Blora,” ungkap Bupati.

Bupati kemudian menyampaikan sejumlah rencana pembangunan yang akan dilaksanakan di Kecamatan Cepu tahun 2023 nanti.

Diantaranya rencana pembangunan embung dan normalisasi sungai untuk pencegahan banjir. Kemudian penataan stasiun Cepu, hingga Rehab Terminal Cepu.

“InshaAllah bulan Januari 2023 nanti penerbangan di Bandara Ngloram juga akan dibuka kembali. Mohon do’anya. Kami berharap Cepu bisa tumbuh menjadi pusat ekonomi Kabupaten Blora. Taman Budaya Cepu juga sedang kita rancang. Nantinya akan ada Pendopo Bupati, Masjid Agung, hingga Pusat Kesenian di Cepu ini,” tambah Bupati.

“Pembangunan infrastruktur di Kabupaten Blora juga akan kita lanjutkan di 2023 nanti. Saat ini Medalem hingga Cepu sudah selesai dibangun. Tinggal Jalan Provinsi yang masih rusak kita ajukan ke Pemprov. Randublatung – Getas juga sedang kita upayakan agar dapat bantuan dari Pusat. Mohon do’anya untuk seluruh warga masyarakat Blora. Semoga pembangunan bisa kita lanjutkan bersama. Sesarengan mBangun Blora Berkelanjutan,” pungkas Bupati.

Sementara itu, Ichwan Arifin, perwakilan ExxonMobil mengapresiasi terselenggaranya malam tasyakuran di Kecamatan Cepu ini. Pihaknya merasa senang bisa ikut berkontribusi dalam rangkaian Hari Jadi ke 273 Kabupaten Blora ini.

“Maturnuwun Pak Bupati, Bu Wakil Bupati, kita sudah diajak untuk kolaborasi memberikan hiburan untuk masyarakatnya Blora yang ada di Cepu dan sekitarnya ini. Kami akui kepemimpinan Pak Bupati dan Bu Wakil Bupati ini luar biasa. Bahkan di era kepemimpinan beliau inilah akhirnya Blora mulai tahun 2023 nanti dapat DBH Migas Blok Cepu Rp 160 miliar. Ini berkat perjuangan panjang beliau menemui banyak tokoh. Semoga bermanfaat untuk keberlanjutan pembangunan Kabupaten Blora,” ujar Ichwan Arifin.

Usai sambutan sambutan langsung dilakukan penyerahan tokoh wayang oleh Bupati kepada Ki Dalang Sigid Ariyanto dan dilanjutkan pentas dengan lakon Wahyu Kamulyan Sejati.

Begitu gamelan dimainkan, Bupati langsung mempersilahkan masyarakat umum duduk lesehan nonton wayang kulit bersama di depan panggung utama. Masyarakat pun langsung memadati lokasi acara, terlebih saat dagelan Jo Klithik – Jo Kluthuk naik panggung bersama Jolang, dan Apri – Mimin.

Bahkan Bupati dan Wakil Bupati ikut naik panggung menyapa masyarakat hingga bermain peran bersama para dagelan. Kapolres AKBP Fahrurozi juga ikut menyampaikan pesan kamtibmas. Masyarakat tampak terhibur hingga dini hari.

Suyono, salah satu penonton dari Kedungtuban, merasa senang bisa ikut malam tasyakuran nonton wayang kulit Ki Dalang Sigid.

“Maturnuwun Pak Bupati sudah lama saya ngefans dengan Dalang Sigid, akhirnya setelah dua tahun pandemi kini bisa nonton langsung dalam rangka Hari Jadi ke 273 Kabupaten Blora. Tidak hanya tontonan tapi juga tuntunan untuk kita semua. Saya lihat para PKL juga laris, syukur alhamdulillah. Semoga Blora kedepan semakin maju, dengan tidak meninggalkan budayanya,” ucap Suyono. (Her/El)

Tinggalkan Balasan