Scroll Untuk Baca Artikel
EkbisHeadlineJatengNews Update

Pedagang Lihat Calon Lapak di Shopping Center Johar

×

Pedagang Lihat Calon Lapak di Shopping Center Johar

Sebarkan artikel ini

Usai Dilakukan Pengundian Lapak oleh Dinas Perdagangan Kini Para Pedagang Mulai Melihat Lokasi Calon Lapaknya di Shopping Center Johar (SCJ) Semarang

Para pedagang melihat langsung lokasi calon lapaknya di Shopping Center Johar (SCJ) Semarang, Kamis (16/2/2023). (Ellya - beritajateng.tv)

“Pengundian sudah dilakukan secara adil, harapannya tidak ada yang iri dan setelah ditempati fokus untuk berjualan dan berdagang,” katanya.

Juan sapaanya meminta, ketika sudah ditempati pedagang, Dinas Perdagangan harus memperhatikan pengolaan, misalnya dari kebersihan, infastruktur dan sarana lainnya, meskipun nantinya gedung megah ini dijadikan pasar tradisional.

Advertisement
Scroll kebawah untuk lihat konten

“Dari kebersihan ini, pedagang dan pembeli bisa nyaman. PR lainya adalah harus ada inovasi untuk mempromosikan SCJ sudah dibuka, agar perekonomian di Johar Baru bisa pulih,” tambahnya.

Juan meminta, agar Dinas Perdagangan juga memikirkan petugas kebersihan di SCJ, Johar Baru ataupun pasar tradisional lainnya milik Pemkot Semarang. Apalagi baru-baru ini, Wali Kota Semarang, Hevearita Gunaryanti Rahayu sempat geram, ketika melakukan sidak ke Pasar Penggaron dan menemukan jika pasar tersebut dalam kondisi kotor dan terkesan kumuh.

Pemandangan tersebut, lanjut dia, sebenarnya juga terlihat di pasar tradisional lainnya ketika dirinya melakukan tinjuan ataupun sidak. Dalih dari Dinas Perdagangan sendiri, kekurangan tenaga kerbesihan, sehingga menurut dia harus ada jalan keluar agar pembeli dan pedagang tetap merasa nyaman untuk melakukan aktivitas jual beli.

“Saran saya bisa komunikasi dengan DLH untuk membantu mengover, atau bisa menganggarkan penambahan petugas kebersihan. Jangan sampai malah pasar kumuh sehingga ditinggalkan, pedagang juga sama harus menjaga kebersihan, butuh kerjasama antara pedagang dan Pemkot,” jelasnya.

Politikus Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) ini, mengaku masih mendengar keluhan pedagang di Pasar Johar Baru yang sepi pembeli. Selain dipengaruhi karena eks relokasi di MAJT masih buka, tapi ia meminta agar Pemkot Semarang bisa melakukan inovasi. Apalagi lantai 1 dan 2 SCJ saat ini masih dipakai pihak ketiga.

“Mungkin kalau SCJ buka pengaruhnya memang ada, tapi kalau ada inovasi untuk mempromosikan Johar ya saya rasa tetap bisa menarik pembeli. Nanti kita akan tanyakan juga ke Dinas Perdagangan tentang lantai 1 dan 2, apa bisa dikomunikasikan dengan penyewa untuk dimaksimalkan jadi SCJ,” ujarnya. (*)

Editor: Elly Amaliyah

Tinggalkan Balasan