Pemberangkatan Haji Dibuka, PW IPHI Jateng Minta Jama’ah Usia Tua Dapat  Diprioritaskan

Drs. H. Harsono, Ketua PW IPHI Jawa Tengah

SEMARANG, 23/4 (BeritaJateng.tv) – Pimpinan Wilayah Ikatan Persaudaraan Haji Indonesia (PW IPHI) Jawa Tengah menyambut gembira kebijakan Kementerian Agama yang mulai memberangkatkan jama’ah haji tahun ini setelah dua tahun sebelumnya ditunda karena pandemi covid-19.

Drs. H. Harsono selaku Ketua PW IPHI Jawa Tengah menyatakan rasa senangnya di hadapan media pada kegiatan Teraweh dan Silaturahim (Tarhim) anggota dan pengurus PW IPHI Jateng dan santunan untuk anak yatim di gedung IPHI kompleks Islamic Centre Manyaran Kota Semarang, Jum’at (22/4/2022).

Harsono memandang kebijakan ini adalab berkah bagi bangsa Indonesia yang istiqomah bergotongroyong mencegah penularan covid-19 dengan membantu program pemerintah terkait prokes dan vaksinasi.

“Saya senang sekali dengan tahun ini akhirnya pintu haji bagi jama’ah haji Indonesia sudah dibuka,” ujarnya gembira.

Saat ditanya berapa kuota yang akan diberangkatkan, Harsono memperkirakan kurang lebih mencapai satu juta jama’ah.

“Kurang lebih kalau tidak salah tahun ini kuota haji sampai satu juta jama’ah,” ucapnya.

Namun Harsono meminta agar prioritas utama pemberangkatan haji untuk jama’ah usia tua. Ini dikarenakan sejak pemberangkatan haji ditunda selama dua tahun mereka semakin lama mengantri.

“Ini kan sudah dua tahun tidak memberangkatkan jama’ah haji ya. Jadinya daftar tunggu haji kan makin panjang sampai lebih dari 30 tahun,” jelasnya.

“Nah berhubung kegiatan haji sudah dibuka kembali, prioritaskan dulu yang sudah usia tua untuk diberangkatkan,” imbuhnya.

“Karena yang tua-tua ini kan fisiknya makin lemah, kesempatan berangkatnya juga lebih sedikit dan masih banyak hambatan lainnya. Kalau yang muda-muda kan relatif memiliki kemampuan di atas yang tua-tua,” tutupnya. (Ak/El)

Leave a Reply

Your email address will not be published.