Scroll Untuk Baca Artikel
Nasional

Pemkot Semarang Hadirkan Tujuh Bus Program Mudik Gratis bagi Warga di Perantauan

×

Pemkot Semarang Hadirkan Tujuh Bus Program Mudik Gratis bagi Warga di Perantauan

Sebarkan artikel ini
Pemkot Semarang Hadirkan Tujuh Bus Program Mudik Gratis bagi Warga di Perantauan
Pelepasan Mudik gratis yang berlangsung dari Museum Purna Bhakti, Taman Mini Indonesia Indah (TMII), Kamis 4 April 2024. (Ellya/beritajateng.tv)

SEMARANG, beritajateng.tv – Pemerintah Kota (Pemkot) Semarang menyiapkan tujuh armada bus gratis untuk mudik dan balik Lebaran 2024. Program Mudik Gratis ini bagi warga Kota Semarang yang bekerja merantau di DKI Jakarta.

Pelaksana tugas (Plt) Kepala Dinas Perhubungan Kota Semarang, Danang Kurniawan mengatakan, upaya ini untuk mendukung program Pemerintah Provinsi Jawa Tengah (Pemprov Jateng) pada Idul Fitri 2024.

Advertisement
Scroll kebawah untuk lihat konten

Program Mudik Gratis ini khusus bagi warga Kota Semarang berpenghasilan rendah yang bekerja di sektor informal. Seperti asisten rumah tangga, pedagang kaki lima, pedangan asongan, buruh pabrik dan bangunan, sopir angkutan umum, bajaj. Juga pengemudi ojek online, penyandang disabilitas, dan warga lainnya yang kurang mampu.

“Progam Mudik Gratis ini mendapat sambutan  antusias warga Kota Semarang di perantauan. Bahkan kuota 200 kursi yang kita siapkan sudah ludes diserbu sejak tanggal 6 Maret 2024 lalu,” ujarnya di ruang kerjanya, Kamis 04 April 2024.

Adapun empat armada bus pariwisata yang disiapkan untuk program Mudik Gratis ini akan diberangkatkan dari Kota Semarang pada Jumat (5 April 2024). Menuju Lapangan Museum Purna Bhakti Pertiwi TMII Jakarta, bergabung dengan armada bus Mudik Gratis lainnya. Dari pemerintah kabupaten dan kota lain di Jawa Tengah.

Keberangkatan bus Mudik Gratis dari Jakarta akan Pj Gubernur Jateng, Nana Sudjana lepas pada Sabtu (6 April 2024). Dari TMII menuju ke kabupaten dan kota tujuan masing-masing di Jateng.

Meski demikian, bagi warga Kota Semarang yang tidak berkesempatan mendapat tiket Mudik Gratis Pemprov Jateng ini dapat mencoba program mudik gratis dari instansi lainnya. Seperti Mudik Gratis Kementerian Perhubungan RI, Jasa Raharja, Dinas Perhubungan Jawa Barat. Pemprov DKI Jakarta, Pemprov Banten dan Pemprov Jawa Timur.

Program Mudik Gratis Warga Kota Semarang

Pemudik juga dapat mendaftar melalui komunitas Warga Jawa Tengah atau Paguyuban Wong Semarang (Pawon Semar) di Jabodetabek. Atau bisa melalui aplikasi Peda Mateng yang beralamat di www.pedamateng.penghubung.jatengprov.go.id.

Tinggalkan Balasan