Perangi Narkoba, BNNP Jateng Bakal Canangkan Unissula Kampus Bersinar

Silaturahmi Kepala BNNP Jateng dengan Fakultas Hukum Unissula. /Foto: Ellya.

Semarang, 17/1 (BeritaJateng.tv) – Badan Narkotika Nasional (BNN) Provinsi Jawa Tengah menggandeng Universitas Islam Sultan Agung (Unissula) Semarang dalam memerangi bahaya narkoba yang banyak menyasar mahasiswa.

Salah satunya dengan rencana pencanangan Unissula Semarang sebagai kampus Bersih dari Narkoba (Bersinar).

Hal ini disampaikan Kepala BNNP Jawa Tengah, Brigjen Pol. Drs. Heru Pranoto, M.Si, saat menggelar Silaturahmi dengan Fakultas Hukum Universitas Islam Sultan Agung (Unissula), Selasa (17/1).

“Saya datang dalam rangka silaturahmi kepada kampus-kampus. Kampus pertama yakni Unissula Semarang. Tentunya silaturahmi ini sebagai upaya awal membangun kerjasama,” ujar Heru.

Menurut Heru, kerjasama awal yang akan dilakukan BNNP Jateng dengan Unissula Semarang yakni dengan mencanangkan kampus Unissula sebagai kampus Bersih dari Narkoba (Bersinar).

“Tujuannya, dengan pencanangan kampus bersinar ini kami berharap dapat melindungi mahasiswa agar tidak terpapar dari penyalahgunaan narkoba. Kami ingin menyelamatkan generasi-generasi muda agar jangan sampai terpapar,” terangnya.

Heru menyebut, dari data yang ada 14 persen pengguna narkoba merupakan siswa SMA dan mahasiswa. Mereka merupakan korban, dan generasi muda yang menyalahgunakan narkoba itu harus direhabilitasi.

Pencanangan Kampus Bersinar ini, merupakan salah satu upaya mencegah peredaran narkoba di kampus. Berbagai langkah pencegahan seperti membangun ruang intervensi berbasis mahasiswa, hingga rehabilitasi bagi mahasiswa pengguna narkoba akan masif dilakukan.

“Nantinya, mahasiswa ini akan difasilitasi dengan satu ruang bernama intervensi berbasis mahasiswa yang nantinya mereka bisa mengadvokasi temennya sendiri yang menggunakan narkoba,” kata Heru.

Ada pula fasilitas rehab dari BNN sehingga mahasiswa terpapar Narkoba bisa ditangani lebih dini.

“Selanjutnya, upaya pencegahan narkoba dengan mengaktifkan daya kreatifitas mahasiswa yang mengangkat kegiatan-kegiatan positif seperti olahraga dan seni. Hal ini untuk mewujudkan 2045 generasi Indonesia emas yang terjaga dari bahaya narkoba, ” imbuh Heru.

Dekan Fakultas Hukum Universitas Sultan Agung (Unissula) Semarang, Dr Bambang Tri Bawono SH, MH menyambut baik rencana pencanangan Unissula sebagai kampus Bersih dari Narkoba (Bersinar).

“Hari ini kami kedatangan mitra dari BNNP Jawa Tengah. Mengingat, bahaya Narkotika ini menjadi bahaya Nasional yang harus kita lawan. Maka Fakultas Hukum bersama BNN menyatakan perang melawan Narkotika,” ujar Bambang.

Menurutnya, akan ada berbagai kegiatan yang digarap bersama BNN mulai dari penyuluhan, pendampingan bagi mahasiswa yang menjadi korban narkoba.

“Bersama BNN, kami sudah komitmen untuk melakukan kerja sama pencegahan dan rehabilitasi bagi korban. Ada pula pencanangan Unissula Bersinar atau Bersih dari Narkoba, ” jelasnya.

Bambang menyebut, pencanangan Unissula sebagai kampus Bersinar akan dilakukan bersamaan dengan event perjalanan 60 tahun Fakultas Hukum Unissula.

“Saat ini kami Tengah menyiapkan event menuju perjalanan 60 tahun Fakultas Hukum Unissula. Ada beberapa kegiatan sosial salah satunya kita bumikan Unissula bersinar bersih dari Narkotika, ” terangnya.

Lewat gerakan dan pencanangan Bersinar, lanjutnya, pangsa pasar pengedar narkoba yang merupakan mahasiswa akan ditutup.

“Kita akan tutup, dengan melakukan pergerakan bersama-sama dengan struktur mahasiswa mulai dari BEM, Senat, organisasi-organisasi mahasiswa kita bersatu padu untuk melawan Narkotika, termasuk sosialisasi dan gerakan penangkapan pengedar di kampus, ” tutupnya. (Ak/El)

Tinggalkan Balasan