Scroll Untuk Baca Artikel
Jateng

Peringati Hari Menangnya Kebaikan Atas Kejahatan, Ratusan Umat Hindu Rayakan Galungan di Semarang

×

Peringati Hari Menangnya Kebaikan Atas Kejahatan, Ratusan Umat Hindu Rayakan Galungan di Semarang

Sebarkan artikel ini
Hari Raya Galungan
Tari Pendet yang dibawakan oleh kelompok anak Hindu perempuan Kota Semarang sesaat sebelum persembahyangan Galungan dimulai, Rabu, 2 Agustus 2023. (Made Dinda Yadnya Swari/beritajateng.tv)

Hal ini juga dibenarkan oleh pengurus PHDI lainnya yang hadir, Putu Adhi Sutrisna, saat mengisi khotbah usai persembahyangan berlangsung.

“Esensi perayaan (Hari Raya) Galungan ini ialah kebaikan melawan keburukan. Kita hidup sebagai manusia ditemani dua hal, karma kita di kehidupan lalu dan swadarma (kewajiban) kita dalam melaksanakan kehidupan saat ini. Ketika kita melaksanakan swadarma ini, momentum Galungan ini yang paling penting dilakukan perbuatan baik,” tutur Adhi saat menyampaikan khotbah.

Advertisement
Scroll kebawah untuk lihat konten

BACA JUGA: Umat Hindu di Semarang Gelar Tawur Kesanga Sambut Nyepi

Rangkaian persembahyangan selesai pukul 21.30 WIB. Umat Hindu pun mulai meninggalkan area suci Pura dengan membawa kembali sesajen atau banten yang mereka persembahkan sebelumnya.

Ary (27) salah satu umat Hindu asal Ambarawa mengaku rutin mengikuti persembahyangan acara besar agama Hindu di Pura Agung Giri Natha. Sebelumnya, ia juga menyempatkan diri mengikuti Tawur Agung Kesanga atau sehari sebelum Nyepi pada Maret lalu.

“Rutin menyempatkan diri ke Semarang untuk di hari-hari besar, sih, karena kan deket juga kalau dibanding ke Pura yang Magelang. Di sini juga umatnya lebih rame, suasananya lebih mendukung juga sembahyang. Kan tadi sempet ada meditasi bentar juga pas selesai puja,” ujar Ary. (*)

Editor: Mu’ammar Rahma Qadafi

Tinggalkan Balasan