Scroll Untuk Baca Artikel
Jateng

Sambut Hangat Biksu Thudong, Warga Ambarawa Tabur Bunga

×

Sambut Hangat Biksu Thudong, Warga Ambarawa Tabur Bunga

Sebarkan artikel ini
Biksu Thudong di Ambarawa
Warga menyambut Biksu Thudong di Ambarawa. Senin (29/5/2023). (Arie Budi Kristanto/beritajateng.tv).

“Para Biksu ini kami sambut dengan bunga di jalan karena bunga melambangkan keindahan dan kesucian yang mana ini menggambarkan para bhante yang menjalankan ritual thudong ini,” jelas warga yang lainnya ikut menunggu kedatangan para Biksu Thudong tersebut.

Biksu Thudong di Ambarawa, Antusias Warga Luar Biasa

Ketua Paguyuban Tosan Aji Baruklinting Ambarawa, Ki Anas Topawiro bahwa, pihaknya sebagai penggiat dan pelaku budaya mengaku turut berpartisipasi menyambut para bhikkhu tersebut.

Advertisement
Scroll kebawah untuk lihat konten

“Kami turut mangayubagyo atau menyambut kedatangan para Biksu Thudong ini di Kabupaten Semarang. Tentu secara sukacita serta sukarela kamu ikut senang menyambut mereka di sini,” ungkapnya.

Lebih lanjut, Ki Anas juga membeberkan bahwa ia dan teman-teman dari Paguyuban Tosan Aji Baruklinting Ambarawa akan turut serta berjalan bersama ke 32 Biksu Thudong sampai di titik akhir Kabupaten Semarang, yakni Klenteng Hok Tik Bio Ambarawa.

“Ya tentu kami akan ikut berjalan bersama mereka dari Bawen sampai di Klenteng Hok Tik Bio di Ambarawa. Ini sebagai tempat istirahat para Biksu tersebut untuk selanjutnya melanjutkan perjalanan mereka ke Candi Borobudur, Magelang,” katanya.

“Kami juga menyambut dengan warisan budaya kita di sini. Kami siapkan tombak, keris dan lainnya untuk dikenalkan kepada para bhikkhu tersebut. Yang jelas kami sangat antusias sekali menyambut kedatangan para bhikkhu ini di Kabupaten Semarang,”pungkasnya (*).

Editor: Andi Naga Wulan.

Tinggalkan Balasan