Semarang Dorong Dukungan Perbaikan Lingkungan Lewat Penghargaan Kepedulian

Semarang Dorong Dukungan Perbaikan Lingkungan Lewat Penghargaan Kepedulian

Semarang, 27/8 (BeritaJateng.tv) – Wali Kota Semarang, Hendrar Prihadi, memberikan apresiasi kepada para pengusaha yang turut bergerak bersama dalam pembangunan kota yang dipimpinnya.

Kali ini apreasiasi diberikan melalui penyerahan tahap II penghargaan kepada 10 perusahaan yang telah berpartisipasi dalam program penghijauan taman dan jalan melalui program CSR, Jum’at (26/8) di Taman Kedondong Lamper Tengah Semarang

“Kita sebut 3P yang sudah dilakukan kawan-kawan pengusaha sebagai wujud kontribusi untuk membuat Semarang semakin hebat yaitu Profit, People, Planet. P yang pertama adalah Profit atau ranah ekonomi. Temen-temen pengusaha ini juga pasti pengen dapat untung, sehingga membuka rekruitmen tenaga kerja lantas menjalankan usahanya akhirnya ekonomi Semarang jadi naik. Tahun 2021 di saat yang lainnya masih lemah lesu, Semarang pertumbuhan ekonominya sudah mencapai 5,16% ini tertinggi untuk sebuah kota di Indonesia,” ujar Hendi, sapaan akrab wali kota Semarang.

P yang kedua menurut Hendi adalah People yang termasuk ke dalam ranah sosial. Menurutnya, masyarakat Kota Semarang telah menunjukkan tingginya rasa toleransi, saling menghargai, dan saling dukung, tidak terkecuali para pengusahanya. Hal ini dibuktikan dengan kepekaan sosial yang dilakukan para pengusaha dengan turut membantu menyalurkan bantuan pangan dan mewujudkan Lumbung Pangan Kelurahan saat masa pandemi covid-19.

“P yang ketiga adalah Planet. Kita harus kembali ke hijau (go green). Saya ini orang asli Semarang, besar dan lahir di Semarang. Dulu, saya sekolah jalan kaki 5 kilometer tidak merasa kepanasan. Artinya menuju ke sana (go green) harusnya mungkin dilakukan lagi saat ini,” lanjut Hendi.

Menurutnya, melakukan penghijauan memerlukan komitmen dan konsistensi. Terkadang, aksi penghijauan hanya berupa acara seremonial saja. Tetapi tindak lanjut perawatan ke depannya belum jelas sehingga bibit pohon yang baru ditanam tadi akhirnya mati dalam waktu singkat. Padahal, untuk tumbuh menjadi pohon yang rindang dan meneduhkan tentu mebutuhkan waktu tumbuh yang tidak sebentar.

“Maka, kali ini saya berterima kasih kepada teman-teman pengusaha, ada 9.000 pohon yang sudah tumbuh besar. Setidaknya tidak usah menunggu pohonnya tumbuh dari bibit yang masih kecil,” ungkap Hendi.

Total sepanjang tahun 2022 terdapat 29 perusahaan yang berpartisipasi dalam program penghijauan. Menurutnya, hal ini menunjukkan bahwa konsep pembangunan bergerak bersama mampu dijalankan dengan baik oleh semua komponen masyarakat.

Adapun penyerahan penghargaan akan dilakukan secara bertahap. Penyerahan penghargaan tahap I telah dilakukan pada 6 Agustus 2022 kepada 6 perusahaan. Adapun 10 perusahaan yang menerima penghargaan di tahap II ini adalah PT Indofood CBP Sukses Makmur, PT Indofood Fortuna Makmur, PT Indonesia Steel Tube Work, PT KAI DAOP 4, BCA KCU Semarang, Hotel Novotel, Hotel Dafam, Ibis Hotel, Hotel Ciputra, dan Gumaya Hotel.

“Ayo Bapak/Ibu semua, sedulur saya yang ada di Semarang, kita satukan visi kita. Nandur ini adalah hal yang kita lakukan tidak hanya untuk diri kita, tetapi untuk anak cucu kita kelak. Jadi, kalau panjenengan hari ini menanam, merawat, tumbuh, berkembang baik, hasilnya pasti akan dinikmati oleh generasi yang akan datang. Mari kita nandur!,” pungkas Hendi. (Ak/El)

Leave a Reply