Start dari Barisan Belakang, Arbi Sukses Finish 11 Besar JuniorGP Aragon

Fadilah Arbi Aditama berhasil finish di urutan 11 besar JuniorGP Aragon Spanyol.

Spanyol, 13/10 (BeritaJateng.tv) – MotorLand-Aragón Circuit menjadi tuan rumah putaran ketujuh FIM JuniorGP sekaligus saksi perjuangan gigih pebalap Astra Honda Racing Team (AHRT), Fadillah Arbi Aditama pada akhir pekan ini (9/10). Meskipun mendapatkan penalti dan harus start kedua dari belakang, Arbi berhasil menyalip 17 pebalap dan mengakhiri balapan di posisi 11.

Pada sesi kualifikasi yang diselenggarakan pada Sabtu (8/10) Arbi berhasil menunjukkan hasil yang positif. Pebalap asal Purworejo, Jawa Tengah ini tampil meyakinkan saat sesi kualifikasi pertama. Arbi berada di urutan tercepat ke-13 dan sempat berada di posisi top 10. Pada sesi kualifikasi kedua dengan kondisi lintasan yang lebih baik, Arbi bisa mempertajam waktu dan berada di posisi ke-12. Hasil dari gabungan dua sesi kualifikasi, Arbi berada di urutan ke-16. Namun, salah satu aksinya di lintasan balap berbuah penalti hingga memaksa pebalap AHRT tersebut melakukan start dari posisi ke-28.

Posisi awal balap di barisan belakang tidak menyurutkan semangat Arbi pada putaran kedua terakhir dari JuniorGP di musim ini. Berbekal pengalaman melibas sirkuit Aragon sebelumnya, Arbi melakukan start dengan sangat baik dan langsung melesat maju hingga posisi ke-20 di lap awal. Tidak berhenti sampai di situ, pebalap berusia 17 tahun ini terus memacu Honda NSF250RW dan meringsek naik di lap berikutnya. Perlahan Arbi terus menyalip pebalap di depannya. Pertarungan di lap terakhir berjalan sengit dan aksi saling menyalip terjadi. Arbi berhasil mempertahankan posisinya dan finis di posisi 11.

Raihan gemilang ini menjadi raihan terbaik Arbi di JuniorGP sepanjang musim ini, sekaligus memberikan Arbi poin terbesar yang menambah pundi-pundi poin yang dimilikinya.

“Akhir pekan ini sangat positif. Sesi pada Jumat berjalan baik, bahkan saat kualifikasi Sabtu saya merasa lebih baik dengan motor. Sayang sekali saya terkena penalti, tetapi untungnya saat balapan, dengan set-up motor yang sama saat kualifikasi dan sesi pemanasan, saya bisa menunjukkan kecepatan. Tim bekerja dengan sangat baik, dan saya berhasil konsisten mencatat kemajuan demi meraih hasil terbaik tahun ini,” ujar Arbi.

General Manager Marketing Planning and Analysis PT Astra Honda Motor (AHM) Andy Wijaya mengatakan perjuangan gigih Arbi ini membawa semangat positif dan kebanggaan untuk Indonesia. Bekal pengalaman membalap di Sirkuit Aragon membuktikan kompetensi Arbi yang secara konsisten terus mencetak poin di JuniorGP sejak 2 putaran sebelumnya.

“Semangat juang luar biasa yang ditunjukkan oleh Arbi pada putaran balapan JuniorGP kali ini sangat menginspirasi. Kami senang dapat terus menyemangati dan memberikan yang terbaik untuk pebalap muda Indonesia untuk memenuhi mimpinya di JuniorGP 2022 ini,” ujar Andy. (Ak/El)

Leave a Reply