Scroll Untuk Baca Artikel
Gaya Hidup

Sudah Sidang Isbat, Arab Saudi hingga Australia Tetapkan Idul Fitri pada Rabu 10 April 2024

×

Sudah Sidang Isbat, Arab Saudi hingga Australia Tetapkan Idul Fitri pada Rabu 10 April 2024

Sebarkan artikel ini
Madinah, Saudi Arabia. (Pexels/Pixabay)
Madinah, Saudi Arabia. (Pexels/Pixabay)

SEMARANG, beritajateng.tv – Mahkamah Agung Arab Saudi mengumumkan bahwa pada hari ini, Selasa 9 April 2024 merupakan 30 Ramadhan. Sementara itu, 1 Syawal 1445 Hijriah atau Hari Raya Idul Fitri jatuh pada Rabu, 10 April 2024.

Laman berita Saudi Press Agency (SPA) melansir, Mahkamah Agung Arab Saudi mengumumkan bahwa bulan sabit Syawal tidak terlihat pada Senin malam, Ramadhan 29. Maka dari itu, Selasa akan menjadi hari terakhir dari bulan suci dan perayaan Idul Fitri akan jatuh pada Rabu, 10 April 2024.

Advertisement
Scroll kebawah untuk lihat konten

Berdasarkan arahan Menteri Urusan Islam, Dakwah, dan Bimbingan Arab Saudi, Sheikh Abdullatif Al-Asheik, Salat Eid akan berlangsung di seluruh Kerajaan pada Rabu 10 April 2024, sesaat setelah matahari terbit.

BACA JUGA: Berikut Doa Jelang Hari Terakhir Bulan Ramadhan, Lengkap dengan Beberapa Amalannya

Lebih lanjut, Sheikh Abdullah memerintahkan agar Salat Eid dilakukan 15 menit setelah matahari terbit, sesuai dengan kalender Umm Al-Qura. Salat akan dilakukan di tempat-tempat salat terbuka yang telah ditentukan dan di masjid-masjid, kecuali yang berdekatan dengan tempat salat terbuka.

Selain Arab Saudi, beberapa negara ini juga telah melakukan sidang isbat dan menetapkan Hari Raya Idul Fitri. Berikut di antaranya.

1. Qatar

Qatar telah memastikan bahwa Selasa, 9 April 2024 menjadi hari terakhir Ramadhan. Sehingga, Idul Fitri ajan dirayakan satu hari setelahnya yakni pada Rabu, 10 April 2024.

2. Australia

Tinggalkan Balasan