Scroll Untuk Baca Artikel
Kesehatan

Taiwan Tarik Indomie Ayam Spesial, BPOM Jamin Tetap Aman Konsumsi

×

Taiwan Tarik Indomie Ayam Spesial, BPOM Jamin Tetap Aman Konsumsi

Sebarkan artikel ini
indomie ayam spesial
Taiwan telah menarik Indomie rasa ayam spesial dari peredaran, akan tetapi BPOM menjamin mie tersebut tetap aman konsumsi. (Foto: indomie.co.id)

SEMARANG, beritajateng.tv – Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM) RI telah memberikan penjelasan mengenai produk PT Indofood CBP Sukses Makmur Tbk bermerek Indomie ayam spesial. BPOM menjamin bahwa produk tersebut aman untuk masyarakat konsumsi.

Sebelumnya, Departemen Kesehatan Pemerintah Kota Taipei mendapati Indomie ayam spesial mengandung zat berbahaya yang berpotensi menyebabkan kanker, Senin (24/4/2023). Sebagai akibatnya, produk tersebut mereka tarik dari peredaran di Taiwan.

Advertisement
Scroll kebawah untuk lihat konten

Pihaknya menemukan bahwa produk tersebut mengandung residu pestisida Etilen Oksida (EtO) dan tidak memenuhi persyaratan yang berlaku di Taiwan. Namun, belum jelas bagaimana peraturan di Indonesia terkait masalah ini.

Franciscus Welirang, pimpinan Indofood Sukses Makmur, menyatakan bahwa perusahaan selalu mematuhi persyaratan dan aturan yang berlaku di negara tempat produk mereka diimpor sebelum produk tersebut dikirimkan.

BPOM memberikan imbauan untuk mengantisipasi terulangnya kasus serupa di masa depan. Perusahaan wajib untuk memastikan bahwa produk pangan olahan yang pihaknya produksi dan ekspor aman.

Produk tersebut mesti dalam keadaan aman, berkualitas, dan memiliki kandungan gizi yang baik, serta memenuhi persyaratan di negara tujuan ekspor.

Selain itu, perusahaan juga harus memastikan bahwa bahan baku dalam produksi aman dan berkualitas. Untuk memastikan hal ini, perusahaan wajib melakukan pengujian residu EtO di laboratorium yang telah terakreditasi.

Taiwan Larang Kandungan EtO dalam Indomie Ayam Spesial

Menurut situs resmi BPOM, residu EtO terdapat pada bumbu ‘Indomie Rasa Ayam Spesial’ sebesar 0,187 mg/kg (ppm).

Tinggalkan Balasan