Scroll Untuk Baca Artikel
Pendidikan

Tidak Boleh Asal, Begini Tata Cara dan Doa Menyembelih Hewan Kurban Agar Sempurna

×

Tidak Boleh Asal, Begini Tata Cara dan Doa Menyembelih Hewan Kurban Agar Sempurna

Sebarkan artikel ini
doa menyembelih hewan kurban
Ilustrasi kambing kurban. (Foto: Freepik)

SEMARANG, beritajateng.tv – Penyembelihan hewan kurban adalah bagian penting dari ibadah hari raya Idul Adha. Untuk mengamalkan ibadah tersebut dengan sempurna, kita mesti membaca doa menyembelih hewan kurban.

Berikut ini adalah doa menyembelih hewan kurban yang harus Anda baca sebelum melakukannya, dengan harapan agar Allah menerima ibadah kurban kita.

Advertisement
Scroll kebawah untuk lihat konten

Terdapat beberapa doa saat kita mempersiapkan diri melaksanakan penyembelihan. Hal ini terungkapkan oleh Syekh M Nawawi Banten dalam kitabnya, Tausyih ala Ibni Qasim.

Menurutnya, sebelum kita menghadapkan hewan kurban ke arah kiblat dan bersiap-siap untuk menggoreskan senjata tajam, kita mesti membaca “Bismillâh” dengan sempurna, yaitu “Bismillâhir rahmânir rahîm”.

Setelah itu, kita membaca sholawat untuk Rasulullah SAW, kemudian mengucapkan takbir sebanyak tiga kali. Sebelum menyembelih, saat kita menghadap kiblat, kita juga mesti membaca doa penyembelihan.

BACA JUGA: Hendak Sholat Idul Adha Tapi Lupa Caranya? Berikut Ini Bacaan Niat Lengkap Beserta Tata Caranya, Pelajari Baik-baik!

Tata Cara dan Doa Menyembelih Hewan Kurban

1. Pertama, baca “Bismillâh

بِسْمِ اللهِ

Artinya, “Dengan nama Allah.”

Lebih sempurna “Bismillâhir rahmânir rahîm

بِسْمِ اللهِ الرَّحْمَنِ الرَّحِيْمِ

Artinya, “Dengan nama Allah Yang Maha Pengasih, lagi Maha Penyayang.”

Tinggalkan Balasan