Scroll Untuk Baca Artikel
HeadlineJatengNews Update

UNICEF: Imunisasi Hak Dasar Anak Jateng

×

UNICEF: Imunisasi Hak Dasar Anak Jateng

Sebarkan artikel ini
Proses Imunisasi di Semarang.

Semarang, 16/9 (BeritaJateng.tv) – Perpanjangan Bulan Imunisasi Anak Nasional (BIAN) sampai dengan 30 September 2022 memberikan tambahan waktu bagi Pemerintah Provinsi Jawa Tengah untuk mengejar sisa target sasaran.

Sebanyak 189.780 anak usia 09 (Sembilan) sampai dengan 59 bulan atau usia dibawah lima tahun (balita) untuk mendapatkan imunisasi tambahan Campak Rubella.

Advertisement
Scroll kebawah untuk lihat konten

“Selama 30 hari kerja kami telah berhasil mencapai 1,8 juta anak untuk mendapatkan imunisasi tambahan. Sedikit lagi kita bisa memenuhi target nasional untuk memastikan terbentuknya kekebalan komunitas yang dibutuhkan,” ungkap Yunita Dyah Suminar, SKM, M.SC.MSi.

Yunita menyampaikan bahwa upaya percepatan terus dilakukan setiap harinya, dengan keterlibatan lintas sektor, termasuk keterlibatan mitra pemerintah seperti mahasiswa, organisasi masyarakat, serta kelompok kerelawanan lainnya; seperti Gerakan Pramuka dan Palang Merah Indonesia (PMI) Jawa Tengah.

Komitmen Pemerintah Provinsi Jawa Tengah untuk menyukseskan BIAN didasari imunisasi tambahan dan upaya melengkapi imunisasi penting lainnya adalah upaya pemenuhan hak dasar anak.

“Hak anak untuk di imunisasi sama pentingnya dengan hak anak untuk mendapatkan identitas,” ungkap Retno Sudewi, Kepala DP3A2KB Provinsi Jawa Tengah.

Retno menjelaskan bahwa dengan mendapatkan identitas, anak akan mendapatkan akses layanan dasar yang mereka perlukan bagi tumbuh kembangnya, sedangkan dengan mendapatkan imunisasi lengkap anak akan tumbuh dengan sehat dan lebih terbuka peluang mencapai potensi-potensi terbaik mereka.

Tingkat kepemilikan akta kelahiran anak di bawah usia 17 tahun di Jawa Tengah telah mencapai angka 96,03% atau di atas rata-rata nasional (88,42%). Sedangkan cakupan imunisasi Campak Rubella pada masa BIAN tahap kedua dari 1 Agustus ke 15 September 2022 mencapai 91,3%.

Kepala Perwakilan UNICEF untuk Pulau Jawa Arie Rukmantara mengakui upaya Jawa Tengah dalam melindungi hak anak-anaknya sangat maksimal dan termasuk yang perlu dicontoh.

Tinggalkan Balasan