Scroll Untuk Baca Artikel
EkbisNews Update

Unik, Kerajinan Anyaman Bambu Khas Banjarnegara

×

Unik, Kerajinan Anyaman Bambu Khas Banjarnegara

Sebarkan artikel ini
Kerajinan Anyaman Bambu (Tudung Saji) Khas Banjarnegara

BANJARNEGARA, 13/2 (BeritaJateng.tv) – Kerajinan bambu banyak menarik perhatian karena memiliki berbagai keunggulan seperti ringan, mudah dirawat, dan dapat berfungsi selayaknya produk dari bahan dasar kayu namun ramah lingkungan.

Kini kerajinan bambu semakin beragam bentuknya dan memiliki gaya serta keanggunannya sendiri. Selain itu, kreativitas para pengrajin bambu juga semakin meningkat.

Advertisement
Scroll kebawah untuk lihat konten

Jika suka barang – barang kerajinan dari bambu, kita bisa datang ke D’Bantar Bamboo Craft di Desa Bantar Kecamatan Mandiraja, Banjarnegara, Jawa Tengah.

Disana kita akan disuguhi, aneka produk yang unik dan natural. Banyak corak dan jenis kerajinan bambu yang artistik. Kesannya memang klasik tapi elegan.

Seperti tudung saji misalkan, konsep awalnya adalah menyukseskan program PHBS sekaligus melestarikan kreasi anyaman bambu. Karena dengan mencintai produk lokal, kita sudah ikut dalam meningkatkan kesejahteraan para pengrajin lokal.

D’Bantar Bamboo Craft kita akan diajarkan cara membuat produk berupa tudung saji dari bambu. Ada beberapa pilihan di sana.

Tentu saja untuk melindungi sajian hidangan dimeja makan dari kotoran maupun serangga yang dapat mencemari makanan, agar tetap bersih dan sehat.

Menurut perajin bambu di D’Bantar Bamboo Craft, Warso, desain tutup saji memang sengaja dibuat tidak rapat, masih terdapat sela sela lubang.

Hal ini menurutnya, untuk sirkulasi udara dan uap makanan didalam agar bisa dengan mudah keluar dan tidak mempengaruhi kualitasnya.

Tinggalkan Balasan