Scroll Untuk Baca Artikel
Peristiwa

Viral Emak-emak Ngotot Minta Pengungsi Rohingya Pindah dari Desa Balohan Sabang

×

Viral Emak-emak Ngotot Minta Pengungsi Rohingya Pindah dari Desa Balohan Sabang

Sebarkan artikel ini
rohingya sabang
Viral emak-emak meminta pengungsi Rohingya pindah dari Desa di Balohan, Sabang, Aceh. (tangkapan layar: Instagram/memoemedia)

SABANG, beritajateng.tv – Belakangan ini, pengungsi Rohingya tengah menjadi objek perhatian publik Tanah Air sejak kedatangan mereka di Aceh beberapa waktu belakangan.

Beredar beberapa video tentang pengungsi Rohingya di Aceh yang ramai mendapat perhatian netizen di sosial media.

Advertisement
Scroll kebawah untuk lihat konten

Kini, muncul sebuah video viral yang menunjukkan emak-emak meminta agar pengungsi Rohingya hengkang dari desa mereka yang berlokasi di Sabang, Aceh.

Dalam video tersebut, tampak emak-emak yang menggunakan baju berwarna hitam polos dan hitam motif meminta warga Rohingya untuk pindah dari desa mereka dengan menaiki mobil.

“Naik mobil,” katanya setengah berteriak.

Bahkan, emak-emak tersebut menarik warga tersebut. Terlihat para pengungsi Rohingya sedang duduk di sebuah terpal berwarna biru.

Meski begitu, para pengungsi Rohingya itu tak beranjak dari tempat duduk mereka. Para pengungsi tersebut juga berada di sebuah tanah lapang tanpa atap.

BACA JUGA: 4 Fakta Soal 139 Imigran Rohingya Terdampar di Sabang

Hal ini pun diunggah oleh akun Instagram bernama memoemedia pada Selasa, 5 Desember 2023. 

Dari captionnya, tertulis bahwa lokasi kejadian itu di Desa Balohan, Sabang, Aceh pada Senin, 4 Desember 2023.

Warganet anggap Rohingya menyusahkan

Di sisi lain, warganet menganggap banyaknya pengungsi Rohingya lebih menyusahkan saat ini.

“Jangan di biarin ini harus di usir lagi, sudah banyak cerita buruk tentang mereka dari negara tetangga maupun kita, jangan sampe menjajah berkedoh terdampar,” kata @d.dapaapyz_.

Hal ini lantaran muncul berbagai isu negatif yang viral sebelumnya.

Diantaranya para pengungsi yang menyatakan nasi yang diberikan relawan terlalu sedikit. Adapun netizen yang mengekspresikan rasa simpatinya akan pengungsi tersebut.

“Alhamdulillah warga setempat mulai sadar akan hadirnya mereka yg sangat meresahkan, tapi kalau dilihat kasihan juga,” terang @faaisal_08.

Netizen lain juga mengimbau pemerintah untuk turun tangan atas konflik sosial yang tengah terjadi di Indonesia saat ini.

“Daripada konflik sosial ini terus berkembang pemerintah mohon ambil tindakan tegas..angkut mereka kembalikan mereka…karena ini seperti sebuah agenda besar untuk bangsa ini kedepannya…entah siapa yang bermain di balik ini.tapi ini di pastikan bila dibiarkan akan menjadi bom waktu.” Tulis @heaviollieomen.

BACA JUGA: Pasca Insiden Kericuhan Suporter PSIS Kontra PSS Sleman, Polrestabes Semarang Periksa 13 Saksi

Sebagai informasi, menurut Badan Pengungsi PBB, UNHCR, Rohingya adalah etnis minoritas Muslim yang telah tinggal selama berabad-abad di Myanmar – negara yang mayoritas penduduknya beragama Buddha.

Tinggalkan Balasan