Wagub Jateng Nonton Film Tegar dan Semangati Perjuangan Siswa Disabilitas

Wakil Gubernur Jateng Tak Yasin berfoto usai menonton film Tegar bersama siswa Disabilitas. /Foto: Doc Humas.

SEMARANG, 23/12 (BeritaJateng.tv) – Sebanyak 11 Sekolah Luar Biasa (SLB) serta Yayasan di Kabupaten Semarang dan Kota Semarang menonton film “Tegar” bersama Wakil Gubernur Jateng, Taj Yasin Maimoen. Mereka tampak antusias menyaksikan film berdurasi 92 menit itu di XXI Paragon Semarang, Kamis (22/12/2022).

Wagub Taj Yasin mengajak siswa-siswa disabilitas lantaran terinspirasi semangat para siswa yang ingin mandiri saat menghadiri acara Hari Disabilitas Internasional (HDI) beberapa waktu lalu. Semangat mereka, lanjutnya, perlu mendapat apresiasi. Sehingga, ajak ke para siswa disabilitas untuk menonton film Tegar pun disampaikan wagub beberapa waktu lalu.

“Maka saya tanya kepada kawan kawan disabilitas di SLB ternyata mereka antusias, batangan saya yang mau ikut hanya seratus ternyata penuh,” kata Taj Yasin.

Wagub menambahkan, masyarakat di Jawa Tengah telah membuka ruang bagi penyandang disabilitas. Menurutnya, memberikan dukungan kepada disabilitas bukan karena berdasarkan rasa iba. Namun, tandas wagub, masyarakat perlu menyadari bahwa penyandang disabilitas mampu mengembangkan potensi dan meraih keinginan mereka.

Para orang tua diimbau, agar semakin terbuka dan memahami kebutuhan anak disabilitas. Wagub ingin, agar anak disabilitas tidak dibatasi ruang belajarnya semaksimal mungkin.

“Karena itu dorongan kita untuk menuju Indonesia emas. Memberikan kesempatan kepada seluruh warga untuk mengenyam pendidikan. Tidak terkecuali kawan-kawan disabilitas. Mereka juga butuh kita dorong untuk menumbuhkan potensinya,”papar wagub.

Lebih jauh, wagub menjelaskan, penyandang disabilitas juga memiliki peluang untuk dapat bekerja di lingkungan Pemprov Jateng. Selama pemerintahan Ganjar-Yasin, lanjut wagub, Jateng sudah memberikan ruang bagi mereka untuk berkarya dan melayani masyarakat.

Wagub ingin agar pemerintah daerah di 35 kabupaten/kota juga semakin memberikan kesempatan kepada disabilitas.

“Kami membuka, membuat ruang, dan kami sudah menerapkan akses untuk mereka bisa bekerja di pemerintahan, khususnya di Pemprov Jateng,” tutup wagub.

Usai menonton film, salah seorang siswa SLB Pabelan, Chusnul Fadila dari Kabupaten Semarang memberikan kerajinan tangan berbentuk bunga kepada wagub. Fadila memberikan kerajinan tersebut sebagai bentuk rasa terima kasih karena sudah diajak menonton film bersama. (Ak/El)

Tinggalkan Balasan