XL Axiata Siap Hadapi Lonjakan Trafik Selama Perayaan Imlek dan Cap Go Meh

Pengecekan Jaringan XL Axiata. /foto: Ellya. B

Semarang, 20/1 (BeritaJateng.tv) – PT XL Axiata Tbk (XL Axiata) memastikan jaringan di seluruh wilayah Jawa Tengah dan DI Yogyakarta siap menghadapi kemungkinan terjadinya lonjakan trafik selama masa liburan Tahun Baru Imlek dan Cap Gomeh yang akan berlangsung tidak lama lagi.

XL Axiata memperkirakan akan terjadi lonjakan trafik data lebih dari 3 persen dibanding hari normal. Peningkatan trafik ini diprediksi akan terjadi di beberapa kota yang menjadi konsentrasi perayaan Tahun Baru Imlek dan Cap Go Meh terbesar di wilayah Semarang, Solo, dan Yogyakarta.

Pj Group Head XL Axiata untuk area Central Region, Arif Farhan Budiyanto, mengatakan, tahun lalu saat masih ada pandemi saja trafik ada kenaikan.

“Tahun Baru Imlek dan Cap Go Meh, terutama di Semarang, selalu mendapatkan sambutan meriah dari masyarakat Tionghoa. Ribuan orang merayakan kedua hari besar tersebut. Untuk itulah kami akan menyiapkan jaringan yang memadai,” kata Arif.

Menurut Arif, meskipun kenaikan trafiknya tidak akan sebesar Lebaran atau Nataru dan juga lebih terkonsentrasi di beberapa kota saja, namun XL Axiata tetap menyiapkan kapasitas jaringan yang lebih besar.

Peningkatan trafik akan lebih banyak terjadi di layanan data, sementara potensi kenaikan trafik layanan percakapan (voice) tidak terlalu besar. Layanan streaming pun secara umum diprediksi mengalami peningkatan trafik. Selain itu, layanan seperti video call, web browsing, dan instant messaging (IM) akan turut mengalami peningkatan karena biasanya di momen ini akan banyak yang menyampaikan ucapan selamat.

“Selama perayaan Imlek nanti, XL Axiata akan memberikan perhatian penuh pada kualitas jaringan di sejumlah kawasan pemukiman, pusat-pusat keramaian, seperti antara lain pusat perbelanjaan, terminal dan juga bandara. XL Axiata juga menyiapkan 13-unit mobile BTS (MBTS) untuk memastikan performa jaringan di sejumlah lokasi,” Ujar Arif.

Jaringan data berkualitas XL Axiata di Jawa Tengah dan DIY ditopang oleh lebih dari 16 ribu BTS, termasuk lebih dari 10 ribu BTS 4G. Untuk mengantisipasi kenaikan trafik perayaan Tahun Baru Imlek dan Cap Go Meh, XL Axiata telah meningkatkan kapasitas jaringan yang lebih besar dari hari normal.

Layanan data XL Axiata di Semarang Raya ditopang oleh lebih dari 1.900 BTS 4G, sedangkan di Solo Raya lebih dari 2.200 BTS 4G, dan DI Yogyakarta lebih dari 1.700 BTS 4G. (Ak/El)

Tinggalkan Balasan