Scroll Untuk Baca Artikel
JatengNews Update

Yayasan Pamor Kuat Gandeng Perhutani Tanam Pohon Sahabat Air

×

Yayasan Pamor Kuat Gandeng Perhutani Tanam Pohon Sahabat Air

Sebarkan artikel ini
Yayasan Pamor Kuat Gandeng Perhutani Tanam Pohon Sahabat Air

BLORA, 10/1 (BeritaJateng.tv) – Kabupaten Blora, Jawa Tengah meskipun lahanya sebagian besar dikelilingi hutan terutama pohon Jati, namun setiap musim kemarau, masih saja warga kekurangan air atau kekeringan masih banyak dijumpai di sejumlah desa di Blora.

Melihat hal itu yayasan Pamor Kuat menggandeng Perum Perhutani Kesatuan Pemangkuan Hutan (KPH) Blora, untuk melakukan konservasi air dengan menanam pohon sahabat air.

Advertisement
Scroll kebawah untuk lihat konten

Ketua Yayasan Pamor Kuat Morindra Kresna mengatakan dalam perjalanan didapati kenyataan di musim kemarau sumber mata air baik sungai, sumur banyak sebagian kering.

Banyak juga dijumpai pohon pohon besar atau pohon sahabat air yang di tebang. Seperti di Randualas, Kecamatan Ngawen pohon randunya tinggal satu. Bahkan di desa Gayam, Kecamatan Bogorejo sudah tidak ada lagi. Siapa yang dirugikan, tentu saja pertani dan peternak.

“Setelah kami berdiskusi dengan Perhutani, kita adakan dua kegiatan. Yang pertama memperbanyak pada sahabat air dititik mata air, yang kedua menanami recharge atau dari mata air dengan pohon sahabat air, ” kata Morindra, Senin (10/1/2022).

Tinggalkan Balasan