Bandara Ahmad Yani Siagakan Posko Terpadu Angkutan Udara Jelang Libur Lebaran 2022

Bandara Ahmad Yani Siagakan Posko Terpadu Angkutan Udara Jelang Libur Lebaran 2022

Semarang, 25/4 (BeritaJateng.tv) – Bandara Internasional Jenderal Ahmad Yani Semarang kembali menyelenggarakan kegiatan Posko Terpadu Angkutan Udara Lebaran Tahun 2022 yang resmi dibuka pada tanggal 25 April 2022.

Kegiatan ini rencananya diselenggarakan selama 16 hari sampai dengan tanggal 10 Mei 2022 mendatang. Selain itu, managemen bandara melakukan penyesuaian jam operasional bandara menjadi pukul 07.00 sampai dengan 19.00 WIB untuk mengakomodir lonjakan penumpang pada masa libur lebaran 2022 ini.

Penyelenggaraan posko ini melibatkan beberapa instansi yang merukapan komunitas bandara, diantaranya adalah TNI, Polri, Pemerintah Daerah, Perwakilan Satgas Covid-19 Daerah, Kantor Otoritas Bandar Udara, Kantor Kesehatan Pelabuhan (KKP), Airnav Indonesia, Maskapai, dan instansi terkait lainnya.

Tak hanya bertanggung jawab dalam hal pelaporan data pergerakan pesawat, penumpang dan kargo setiap harinya saja, namun petugas posko juga bertanggung jawab untuk melaksanakan pengamanan di area bandara serta memberikan pelayanan kesehatan kepada pelaku perjalanan udara.

General Manager PT Angkasa Pura I (Persero) Kantor Cabang Bandara Internasional Jenderal Ahmad Yani Semarang, Hardi Ariyanto menyampaikan bahwa Posko Terpadu Angkutan Udara Lebaran Tahun 2022 dimulai pada hari ini tanggal 25 April 2022 sampai dengan 10 Mei 2022.

“Terdapat kenaikan pergerakan penumpang berangkat pada hari sabtu dan minggu dengan rata-rata 1700 sampai dengan 2000 penumpang per hari jika dibandingkan dengan rata-rata harian sebelum memasuki libur lebaran 2022,” ujarnya.

Puncak arus mudik diperkirakan akan terjadi pada tanggal 29 April 2022 atau H-2 Lebaran, sedangkan untuk puncak arus balik diperkirakan akan terjadi pada tanggal 8 Mei 2022 atau H+5 lebaran.

Untuk mengakomodir lonjakan penumpang pada masa libur lebaran, sejak tanggal 20 April hingga 20 Mei 2022, Bandara Internasional Jenderal Ahmad Yani telah menyediakan extra flight sebanyak enam rute penerbangan yang sudah beroperasi yaitu :
•Lion Air
Rute SRG-BDJ dan BDJ-SRG, BPN-SRG dan SRG-BPN
•Batik Air
Rute CGK-SRG dan SRG-CGK

“Untuk meningkatkan layanan bagi para penumpang, kami telah menyediakan lima unit self-check in kios yang dapat digunakan oleh para penumpang. Hingga saat ini terhitung sudah ada penambahan extra flight untuk mengakomodir lonjakan penumpang selama libur lebaran ini,” tambah Hardi. (Ak/El)

Leave a Reply

Your email address will not be published.