Desa Wisata Kampung Samin Sambongrejo Juara 3 Ajang Gelar Desa Wisata Jateng

Desa Wisata Kampung Samin Sambongrejo Sabet Juara 3 Ajang Gelar Desa Wisata Jateng. /Foto: Heri P

BLORA, 27/11 (BeritaJateng.tv) – Malam penganugerahan desa wisata tingkat Jawa Tengah tahun 2022 berlangsung pada Sabtu (26/11/2022) malam di Gerbang Gajah Desa Kembanglimus, Kabupaten Magelang.

Desa wisata Kampung Samin Sambongrejo meraih juara 3 di ajang penganugerahan desa wisata tersebut.

Posisi juara 2 ialah Desa Wisata Muncar (Kabupaten Semarang) dan juara 1 ialah Desa Pekunden Kabupaten Banyumas.

Sementara itu untuk juara harapan 1, 2, dan 3 secara berurutan diraih oleh Desa Wisata Sidowarno (Kab. Klaten), Desa Wisata Dawuhan (Kab. Banjarnegara) dan Desa Wisata Somongari (Kab. Purworejo).

Adapun juara untuk kategori Paket Wisata diberikan kepada Desa Wisata Kandri (Kota Semarang), kategori Seni Budaya kepada Desa Wisata Giyanti (Kab. Wonosobo), kategori Sapta Pesona dan CHSE kepada Desa Wisata Conto (Kab. Wonogiri), dan kategori Homestay dan Toilet Bersih kepada Desa Wisata Karangrejo (Kab. Magelang).

Gelar Desa Wisata Jawa Tengah 2022 ini sebelumnya diikuti 27 desa wisata yang ada di Jateng.

Dari 27 desa wisata itu dipilih 10 desa wisata terbaik untuk dipilih sebagai pemenang dalam acara Puncak Gelar Desa Wisata Jawa Tengah 2022 di Gerbang Gajah Desa Wisata Kembanglimus, Kabupaten Magelang,

Ke-10 desa wisata ini diminta untuk memamerkan produk-produk terbaiknya dalam sebuah event pameran.

Selama pameran, para juri melakukan penilaian untuk menentukan pemenangnya.

Ada beberapa kategori yang dipilih panitia mulai dari paket wisata, atraksi seni budaya, sapta pesona, CHSE (cleanlliness, health, safety, dan environment sustainability), serta homestay dan toilet bersih.

Kepala Dinporabudpar Kabupaten Blora Drs. Kunto Aji, menyampaikan rasa syukur, senang dan bahagia serta memberikan apresiasi atas capaian prestasi desa wisata Kampung Samin Sambongrejo.

“Alhamdulillah, kami memberikan apresiasi, dan mengucap syukur, selamat kepada Desa Wisata Kampung Samin Sambongrejo,” kata Kepala Dinporabudpar Blora Drs. Kunto Aji.

Pihaknya berharap, capaian tersebut bisa memotivasi desa-desa wisata untuk terus berkembang.

“Dengan adanya desa wisata dilombakan tiap tahun, harapannya akan bisa menjadi semangat, memotivasi untuk memgembangkan desa wisata,” ungkapnya.

Ia juga berharap agar festival ini dapat menginspirasi desa-desa lain untuk membentuk desa wisata, sehingga turut serta untuk menunjang perekonomian masyarakat di Blora.

“Pengembangan desa wisata, menjadi trend sebagai alternatif/strategi pembangunan kepariwisataan,” ucapnya.

Sementara itu, Ketua Pokdarwis Desa Wisata Kampung Samin Sambongrejo, Janurman, menyampaikan dengan memperoleh juara 3 ini desa wisata Kampung Samin Sambongrejo diharapkan lebih dikenal masyarakat luas dan bisa mendatangkan wisatawan lebih banyak lagi.

“Tips kedepan tentunya akan menjadi PR kami selaku pokdarwis untuk terus berbenah diri dari segala kekurangan, tentu saja mohon bimbingan dari pihak terkait, khususnya Dinporabudpar Blora,” ucap Janurman. (Her/El)

Tinggalkan Balasan