Dorong Ekonomi Kreatif di Semarang, Disbudpar Gelar Pelatihan dan Uji Kompetensi Barista

Disbudpar Kota Semarang Gelar Pelatihan dan Uji Kompetensi Barista

Semarang, 21/3 (BeritaJateng.tv) – Dinas Kebudayaan dan Pariwisata (Disbudpar) Kota Semarang memberikan pelatihan barista di Hotel Fovere, Senin (21/3/2022).

Sebanyak 100 peserta yang mengikuti pelatihan diberi materi sekaligus praktek meracik beragam kopi secara bergantian. Kegiatan ini dilakukan sebagai upaya untuk mendorong ekonomi kreatif di Kota Semarang.

Plt Kepala Disbudpar Kota Semarang, Sapto Adi Sugihartono mengatakan, kegiatan nongkrong bareng sembari menikmati kopi tengah digandrungi masyarakat, tak terkecuali di Kota Lunpia.

Banyak generasi muda atau start up menangkap peluang tersebut untuk membuka kedai kopi, kafe, atau tempat nongkrong lainnya.

Melihat fenomena itu, Disbudpar ingin mendorong para pelaku ekonomi krearif khususnya para barista agar bisa meningkatkan kemampuannya.

“Kami melihat antusiasme mereka mengikuti kegiatan ini.

Sekarang banyak industri kreatif. Kita harus menciptakan value-value atas komoditi yang kita jual. Itu yang akan memberikan nilai tambah,” terang Sapto, usai membuka pelatihan.

Selain mendapat pelatihan, para barista juga mengikuti uji kompetensi di akhir kegiatan. Uji kompetensi diperlukan agar menjadi tenaga yang profesional di bidangnya.

Mereka akan memperoleh sertifikat barista usai mengikuti uji kompetensi. Sertifikat tersebut nantinya bisa digunakan untuk masuk ke dunia jasa pariwisata.

“Tenaga kerja harus punya sertifikat keterampilan.Ada standarisasi profesi. Ini industri global, kalau tidak punya standar bagaimana merekrut personil,” ujarnya.

Pada waktu yang bersamaan, Disbudpar juga memberikan pelatihan tata kelola destinasi wisata di Hotel Setos. Peserta berasal dari para pelaku wisata. Dengan kegiatan ini, Sapto berharap mereka bisa mengolah pariwisatanya secara lebih profesional. (Ak/El)

Leave a Reply

Your email address will not be published.