Dukung Layanan Pembayaran PBB, Bank Jateng Beri Bantuan Dua Mobil Operasional ke Pemkab Kendal

Jajaran Bank Jateng menyerahkan bantuan mobil penarikan PBB ke Bupati Kendal Dico M Ganinduto. (Bank Jateng)

KENDAL, 10/8 (beritajateng.tv) – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Kendal menerima bantuan mobil operasional untuk penarikan Pajak Bumi dan Bangunan (PBB) keliling dari Bank Jateng, Rabu (10/8/2022).

Bantuan hibah itu diserahkan langsung Direktur Bisnis Kelembagaan, Treasury dan Unit Usaha Syariah Bank Jateng, Oni Suharsono kepada Bupati Kendal, Dico M Ganinduto.

Sebelum acara penyerahan mobil operasional, jajaran Bank Jateng diterima oleh Bupati Kendal sekaligus beramah tamah di Aula Rumah Dinas Bupati.

Hadir dalam acara tersebut, Pj Sekda Kendal, Sugiono, Kepala Bapenda Kabupaten Kendal, Abdul Wahab, Sekretaris Perusahaan Bank Jateng, Herry Nunggal Supriyadi, Pemimpin Bank Jateng Cabang Koordinator Semarang, Imam Hanafi, Pemimpin Bank Jateng Cabang Kendal, Suko Hariyadi beserta jajaran.

Usai acara penyerahan, Bupati Kendal, Dico M Ganinduto mengungkapkan, bantuan ini sudah sejalan dengan apa yang dibutuhkan pihaknya. Yakni dua unit mobil untuk pelayanan pajak PBB keliling.

“Ke depan, kita perlu melakukan akselerasi dan inovasi dalam rangka meningkatkan pendapatan asli daerah dari Kabupaten Kendal. Mudah-mudahan sinergitas antara Pemda dengan Bank Jateng bisa terus berjalan dengan baik. Yang sudah baik, mudah-mudahan ke depan menjadi lebih baik,” terangnya.

Dico juga berharap, banyak hal-hal yang bisa dikolaborasikan dengan Bank Jateng dalam proses pembangunan di Kabupaten Kendal.

Pada kesempatan tersebut Bupati Kendal juga menyebut, target pendapatan dari seluruh pajak tahun ini sebesar Rp 150 miliar.

“Mudah-mudahan, dengan inovasi-inovasi yang akan kita laksanakan di tahun 2023 bisa tercapai. Semua itu dilakukan untuk memberikan yang terbaik kepada masyarakat Kabupaten Kendal,” ungkap Dico.

Direktur Bisnis Kelembagaan, Treasury dan Unit Usaha Syariah Bank Jateng, Oni Suharsono mengatakan, Bank Jateng sebagai bank milik daerah dan mengelola kas daerah, yakni dana kas ada di Bank Jateng termasuk dana PBB.

“Hari ini kita menyerahkan dua unit mobil untuk membantu Pemda dalam percepatan dan optimalisasi pembayaran PBB. Supaya bisa jemput bola ke daerah-daerah yang jauh ya,” terangnya.

Selain itu, Oni menjelaskan, pihaknya juga sudah memberikan layanan pembayaran PBB itu di semua channel Bank Jateng.

“Bisa langsung ke Bank Jateng, di ATM, bisa juga di internet banking, di mobile banking atau ke agen Bank Jateng yang ada di desa-desa,” jelasnya.

Oni juga mengungkapkan, program ini sudah dijalankan di hampir semua kabupaten. Menurutnya, PBB adalah salah satu sumber PAD yang cukup besar.

“Jadi beberapa daerah sudah kita berikan bantuan seperti ini, dan hari ini kita berikan kepada Pemkab Kendal. Bank Jateng dan Pemda selalu berkolaborasi untuk program-program dan dilaksanakan bersama. Contohnya dalam sosialisasi PBB, misal ada pemotongan atau diskon PBB kita ikut mensosialisasikan melalui brosur, pamflet dan sebagainya,” ungkap Oni.

Sementara terkait bantuan CSR dari Bank Jateng, Kepala Bapenda Kabupaten Kendal, Abdul Wahab menambahkan, dengan dua unit mobil bantuan ini, bisa membantu kegiatan operasional dari Bapenda Kabupaten Kendal.

“Insya-Allah akan kita optimalkan setiap hari akan muter di lima eks Kawedanan. Jadi bukan hanya PBB tapi pajak-pajak lain bisa dibayarkan di mobil operasional ini,” jelasnya. (*)

editor: ricky fitriyanto

Leave a Reply