Scroll Untuk Baca Artikel
Kuliner

Edukasi Makanan Sehat di Pesantren Multazam, PPJI: Pastikan Gizi Santri Tetap Seimbang Saat Puasa

×

Edukasi Makanan Sehat di Pesantren Multazam, PPJI: Pastikan Gizi Santri Tetap Seimbang Saat Puasa

Sebarkan artikel ini
Gizi Pesantren
Ketua DPC PPJI Kota Semarang, Yanti M. Sakoer, saat PPJI berbagi di Pesantren Multazam, Kamis, 21 Maret 2024. (Fadia Haris Nur Salsabila/beritajateng.tv)

SEMARANG, beritajateng.tv – Selama bulan Ramadan, umat muslim diharuskan tidak makan dan minum selama kurang lebih 14 jam. Dengan waktu makan yang terbatas, tentu asupan gizi makanan harus maksimal.

Ketua DPC PPJI (Perkumpulan Penyelenggara Jasaboga Indonesia) Kota Semarang, Yanti M. Sakoer, menggarisbawahi keterpenuhan asupan gizi bagi santri selama bulan Ramadhan. Menurutnya, asupan gizi santri haruslah terpenuhi meski di tengah padatnya aktivitas pondok pesantren.

Advertisement
Scroll kebawah untuk lihat konten

“Kita memberikan edukasi bahwa makanan sehat dan seimbang dengan gizi atas kebutuhan gizi yang standart itu berapa, supaya aktivitas mereka, tumbuh kembang mereka, tidak lemas saat puasa,” katanya saat beritajateng.tv temui dalam acara PPJI Berbagi Berkah Ramadhan di Pesantren Multazam, Kamis, 21 Maret 2024.

BACA JUGA: Berkah Ramadhan, PPJI Edukasi Makanan Sehat dengan Gizi Seimbang di Pesantren Multazam

Ia menjelaskan, santri dan santriwati khususnya di Pesantren Multazam adalah siswa SMP dan SMA. Mereka memiliki usia di kisaran 12 hingga 15 tahun.

Oleh karena itu, terdapat rata-rata konsumsi makanan yang harus terpenuhi sehingga tumbuh kembang dan proses belajar dapat maksimal. Yakni, sebanyak 2.050 kalori tiap harinya untuk perempuan, dan 2.400 kalori setiap harinya untuk laki-laki.

Di pesantren terangkan tantangan gizi menu kekinian instan yang tidak sehat

Ia menambahkan, generasi muda saat ini memiliki tantangannya tersendiri dalam memenuhi gizi seimbang. Salah satunya yakni banyaknya menu kekinian yang jauh dari kata sehat.

Padahal, asupan makanan sehat harusnya terdiri dari karbohidrat, protein hewani, protenin nabati, snack dan buah-buahan bergizi agar memenuhi gizi seimbang.

Tinggalkan Balasan