Gangguan Lokomotif, KA Airlangga Relasi Surabaya Pasarturi-Jakarta Alami Keterlambatan

Kereta Api Indonesia (KAI)

Semarang, 31/10 (BeritaJateng.tv) – Akibat gangguan mesin pada lokomotif, Kereta Api (KA) Airlangga Relasi Surabaya Pasarturi-Jakarta mengalami keterlambatan hingga 2 jam.

Hal ini dibenarkan oleh Ixfan Hendriwintoko Manajer Humas PT KAI Daop 4 Semarang, Senin (31/10).

Menurut Ixfan, pada hari ini Senin (31/10) pada pukul sekira 16.17 WIB, pusat pengendali kereta api Daop 4 Semarang menerima informasi dari Masinis KA 7049A (Airlangga) relasi Surabaya Pasarturi – Jakarta Pasarsenen mengalami kelambatan.

Ia menyebut, dari informasi yang didapat memang ada KA 7049A relasi Surabaya Pasarturi – Jakarta Pasarsenen yang mengalami kelambatan akibat adanya gangguan pada lokomotif yaitu cc 201.78.04.

“Guna mengantisipasi keselamatan perjalanan KA, rencana akan dibatasi kecepatanya 5 KM/jam menuju ke stasiun Tegowanu, sesampainya di Stasiun Tegowanu selanjutnya akan dikirim lokomotif pengganti agar perjalanan KA kembali menjadi normal,” ungkap Ixfan.

Ixfan menyebut, jika titik lokasi terganggunya KA Airlangga berada tepat di Km 27+3 Desa Mangunsari antara Stasiun Gubug – Tegowanu.

“Sempat ada troubel di mesin hingga kemudian dibetulkan masinis namun tidak maksimal, selanjutnya diputuskan untuk ganti lokomotif namun masih bisa berjalan dan dibatasi 5km / jam sampai Tegowanu, ” jelasnya.

Ixfan menambahkan atas kejadian kelambatan itu, PT Kai Daop 4 semarang menyampaikan permohoanan maaf kepada para pelanggan dan penjemput/pengantar krn KA 7049A (Airlangga) yang mengalami kelambatan.

“Mengingat keterlambatan tersebut mencapai sekira 117menit maka kami akan memberikan service recovery, dan bagi pelanggan yg akan menggunakan KA 7049A (Airlangga) jika tidak berkenan berangkat atau membatalkan perjalanannya biaya akan dikembalikan 100% tidak termasuk biaya pesan,” Pungkasnya. (Ak/El)

Leave a Reply