Scroll Untuk Baca Artikel
Kesehatan

Gelar Lagi Bulan Imunisasi Anak Sekolah, Dinkes Kota Semarang Targetkan 71 Ribu Anak Terima Suntik DT dan Td

×

Gelar Lagi Bulan Imunisasi Anak Sekolah, Dinkes Kota Semarang Targetkan 71 Ribu Anak Terima Suntik DT dan Td

Sebarkan artikel ini
imunisasi anak semarang
Salah satu siswa SD Negeri Tugurejo 02 saat sedang menerima suntik dalam program Bulan Imunisasi Anak Sekolah (BIAS), Selasa, 14 November 2023. (Fadia Haris Nur Salsabila/beritajateng.tv)

SEMARANG, beritajateng.tvDinas Kesehatan Kota Semarang kembali melaksanakan kegiatan Bulan Imunisasi Anak Sekolah (BIAS). Pada BIAS bulan November ini ini, pihaknya menargetkan sebanyak 71.652 siswa mendapatkan imunisasi berupa Diphteria Tetanus (DT) dan Tetanus Diphtheria (Td).

Kepala Dinas Kesehatan Kota Semarang, M. Abdul Hakam, menjelaskan, program BIAS merupakan imunisasi rutin tahunan yang pihaknya berikan pada anak usia sekolah dasar. Meski begitu, peserta tidak terbatas pada anak yang bersekolah saja, akan tetapi juga anak tidak sekolah.

Advertisement
Scroll kebawah untuk lihat konten

“Ini merupakan upaya kesehatan masyarakat paling efektif dan efisien dalam mencegah beberapa penyakit menular berbahaya, mencegah kesakitan, kecacatan, bahkan kematian akibat penyakit yang pencegahannya bisa melalui imunisasi atau PD3I,” ujar Hakam kepada beritajateng.tv, Selasa, 14 November 2023.

BACA JUGA: Ketakutan, Ini Lucunya Ekspresi Siswa SD Ikuti Bulan Imunisasi Anak Sekolah di Semarang

Lebih lanjut, Hakam menjelaskan bahwa sebelumnya siswa telah mendapatkan imunisasi Campak, Rubela, dan Human Papiloma Virus (HPV) pada bulan Agustus lalu. Adapun sasaran pelaksanaaan imunisasi bulan ini dengan rincian kelas 1 mendapatkan imunisasi DT dan kelas 2 dan 5 mendapatkan imunisasi Td.

Selain itu, pemberian semua imunisasi berlangsung secara merata baik siswa laki-laki serta perempuan.

“Jumlah sasaran BIAS DT Td tahun 2023 di Kota Semarang antara lain kelas satu sebanyak 23.322 siswa. Untuk kelas dua sebanyak 23.271, dan kelas lima sebanyak 25.059,” paparnya.

BACA JUGA: Pemkot Semarang Jadikan Hari Kesehatan Nasional Momentum Tingkatkan Pelayanan Publik

Dinas Kesehatan Kota Semarang targetkan Bulan Imunisasi Anak Sekolah terlaksana maksimal di bulan November

Hakam pun menargetkan BIAS pada bulan November ini dapat terlaksana secara maksimal. Seluruh siswa harapannya dapat menerima imunisasi DT dan Td secara bertahap hingga akhir bulan ini.

Tinggalkan Balasan