Scroll Untuk Baca Artikel
Pendidikan

Gelar Pawai Keliling Kampung, Siswa SD di Semarang Sambut Ramadhan dengan Gembira

×

Gelar Pawai Keliling Kampung, Siswa SD di Semarang Sambut Ramadhan dengan Gembira

Sebarkan artikel ini
SDN Dadapsari pawai ramadhan
Sejumlah siswa, guru, dan tendik SDN Dadapsari menggelar pawai dalam rangka menyambut bulan Ramadhan, Jumat, 8 Maret 2024.

SEMARANG, beritajateng.tv – Dalam rangka menyambut datangnya bulan suci Ramadhan 1445 H, beberapa sekolah dasar (SD) di Kota Semarang menggelar pawai keliling kampung, Jumat, 8 Maret 2024.

Pantauan beritajateng.tv, tampak beberapa SD yang menggelar pawai tersebut seperti SDN Gajahmungkur 01, SDN Pandean Lamper 05, SDN Dadapsari, hingga SD se-Kecamatan Genuk.

Advertisement
Scroll kebawah untuk lihat konten

Dengan berbekal hiasan kembang manggar, poster, rebana, hingga alat musik drumband, para siswa tampak antusias berjalan kaki mengelilingi lingkungan di sekitar sekolah. Sepanjang pawai, tak ketinggalan mereka melantunkan lagu-lagu religi bertema Islami.

Kepala SDN Dadapsari, Lestari Sadewo menyebut, kegiatan pawai bertujuan untuk menyambut bulan suci Ramadhan yang tinggal menghitung hari saja. Selain itu, pawai juga bertujuan menumbuhkan semangat anak-anak untuk menjalankan ibadah puasa.

“Karena sesuai sabda Nabi SAW, “Barang Siapa bergembira dengan masuknya bulan Ramadhan, Allah akan mengharamkan jasadnya masuk neraka,” katanya kepada beritajateng.tv di sela kegiatan.

BACA JUGA: Awal Ramadhan 2024 Bakal Berbeda, Planetarium UIN Walisongo Semarang Ungkap Penyebabnya

Selain pawai keliling kampung, sekolahnya juga melaksanakan karnaval ke wisata Kampung Melayu. Tujuannya yakni untuk mengenalkan siswa dengan kampung yang penuh sejarah akan perkembangan agama Islam di Kota Semarang.

“Melalui kegiatan ini, diharapkan anak-anak rapat memanfaatkan bulan suci ini secara maksimal dalam meningkatkan ibadah, ketaqwaan, serta hubungan spiritual dengan Allah,” imbuhnya.

Ajak masyarakat sekitar pawai sambut Ramadhan

Senada, Kepala SDN Gajahmungkur 01, Fransisca Suciana Hari Purwindah menyebut, sekolahnya menyelenggarakan pawai untuk menyambut bulan Ramadhan dengan gembira. Selain dengan warga sekolah, pawai di SDN Gajahmungkur 01 juga mengajak masyarakat sekitar.

Tinggalkan Balasan