GIIAS Perdana Hadir di Semarang, Siapkan Beragam Teknologi dan Produk Kendaraan Terbaru

Preskonferen GIIAS Semarang. /Foto: Steve Arie.

Semarang, 17/11 (BeritaJateng.tv) – Pameran otomotif terbesar di Indonesia, GIIAS akan digelar di Kota Semarang secara perdana pada tanggal 23 hingga 27 November 2022 yang akan datang di Pantai Marina Semarang.

GIIAS atau Gaikindo Indonesia International Auto Show adalah sebuah pameran automotif yang tidak boleh dilewatkan. Diselenggarakan pertama kali pada 1986, pameran ini telah menumbuhkan industri automotif nasional.

Pada pameran yang digadang-gadang terbesar se Asia Tenggara ini, akan dimunculkan konsep dan produk mobil keluaran terbaru dengan teknologi canggih, terutama yang menggunakan elektrifikasi.

Kukuh Kumara, selaku Sekjend Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (GAIKINDO) mengungkapkan alasannya kenapa ingin menggelar pameran besar ini di Semarang.

“Semarang itu kota penting di Jawa. Makanya kali ini pameran GIIAS digelar di Jateng. Saya harapkan pameran di sini akan meningkatkan penjualan kendaraan roda empat di Jateng. Potensinya sangat tinggi,” ujar Kukuh saat konferensi pers di Hotel Santika Semarang pada Rabu (16/11/2022).

Kukuh mengatakan, industri otomotif butuh ekosistem yang baik, terutama dari sisi daya beli konsumen. Sehingga menurut Kukuh, pemerintah perlu membuat regulasi untuk mewujudkannya.

Selain itu, Kukuh melaporkan bahwa industri automotif menjadi satu-satunya industri yang tidak melakukan PHK karyawan selama pandemi.

“Alhamdulillah, selama pendemi berlangsung selama dua tahun, belum ada berita pemecatan pekerja di lingkungan industri otomotif, persis seperti yang diminta pemerintah,” jelasnya.

Kukuh juga menyoroti wacana tentang resesi tahun 2023. Kukuh mengaku optimis pada tahun depan perekonomian tetap stabil dan industri automotif menjadi tulang punggung untuk mempertahankan stabilitas ekonomi.

“Setelah kita berjuang saat pandemi, muncul lagi ancaman resesi tahun 2023. Kita berharap ancaman itu tidak terjadi, tapi yang pasti, kami industri otomotif sebagai tulang punggung ekonomi nasional bisa terus berkontribusi dan lepas dari ancaman resesi tersebut,” tutupnya.

Mewakili Pemprov Jateng, Edi Suliatyo selaku Plt Kepala Bapenda Jateng berterimalasih kepada Gaikindo selaku penyelenggara GIIAS. Karena dengan digelarnya GIIAS, membuktikan bahwa perekonomian Jawa Tengah telah kembali pulih.

“Kami berterimakasih atas terselenggaranya GIIAS pertama kali di Jawa Tengah. Ini adalah indikator bahwa perekonomian kembali pulih. Kami dari Pemprov berkomitmen memberikan fasilitas untuk terlaksanakannya acara ini,” ujarnya.

Di akhir, Project Director Event GIIAS The Series Semarang, Agus Riyadi menjelaskan bahwa event Ini adalah rangkaian penutup untuk pameran GIIASS 2022 yang sudah dilaksanakan di kota-kota besar seluruh Indonesia.

“Kami berterimakasih kepada sopnsor, Grab, Bank Mandiri, dan Superchalenge. Serta pemerintah Jawa Tengah,” ujarnya.

“GIIAS sudah memposisikan dirinya sebagai ajang pertunjukan teknologi otomotif rerkini,” tambahnya.

Ada 9 brand yang berpartisipasi dalam gelaran GIIAS tahun ini seperti Daihatsu, DFSK, Honda, Hyundai, Mazda, Mitsubishi, Suzuki, ToyotaNasmoco, dan Wuling. Kemudian diduking oleh 6 brand motor Benelli, Keeway, PacificExotic, Polytton, United, dan Goodyear. (Ak/El)

Leave a Reply