Jembatan Wonokerto Dibuka, Pantura Semarang-Demak Lancar Jaya

Jembatan Wonokerto Demak Dibuka

Demak, 19/11 (BeritaJateng.tv) – Selamat tinggal kemacetan, itulah suara yang muncul dari balik kemudi truk bermuatan berat saat melintas di jembatan Wonokerto Kabupaten Demak.

Pasalnya hampir empat bulan lamanya kondisi jalur Pantura Semarang – Demak tersebut selalu macet akibat dampak dari pembangunan jembatan sepanjang 60 meter tersebut.

Pembukaan Jembatan Wonokerto, dilakukan pukul 22.18 WIB, oleh Direktur Pembangunan Jembatan Wonokerto, Yudha Handita Pandjiriawan, bersama Kasat Lantas Polres Demak, Akp Muhammad Gargarin Friyandi. Yudha mengatakan, pembukaan ini dilakukan fungsional, belum total.

” Mengingat kemacetan sangat tinggi di jalan pantura. Jembatan ini masih harus dilakukan finishing, uji beban jembatan, hingga uji kelayakan, baru kita resmikan, perlu kita ketahui bahwa ini masih bersifat fungsional, ” terang Yudha.

Meskipun jembatan sudah bisa digunakan, akan tetapi proses finishing Jembatan Wonokerto masih kita lakukan, dimana ditargetkan akan selesai sebelum Nataru.

“Sebenarnya untuk sampai finishing selesai, kita tetap di Bulan April 2023, sesuai kontrak. Namun, kita usahakan, tanggal 2 Desember sudah selesai dan dapat digunakan untuk Nataru,” tutur Yudha.

Dilain sisi, Kasat Lantas Polres Demak, AKP Muhammad Gargarin Friyandi, menyatakan, dengan dibukanya Jembatan Wonokerto, sistem Kontra Flow tidak diberlakukan lagi.

“Ini sifatnya masih Fungsional atau uji coba, belum operasional. Nanti direncanakan akan ditutup satu hari untuk pengerjaan finishing, sampe uji beban. Jika semua sudah selesai, baru jembatan ini akan dioperasionalkan serta diresmikan,” terang Kasatlantas.

Kasatlantas menghimbau kepada pengguna jalan mengingat masih bersifat fungsional dan uji coba, harus berhati hati dalam melintasi jembatan.

“Berhubung masih uji coba, Kami himbau pengendara untuk mengurangi kecepatan saat melintasi jembatan. Tetap waspada dan taati tata tertib berlalu lintas, karena banyak jalan yang berlobang,” pungkas Akp Gargarin.

Jembatan Wonokerto diselesaikan lebih cepat 5 bulan dari yang ditargetkan yakni pada 23 April 2023 mendatang. Percepatan dilakukan atas perintah Mentri PUPR, Basuki Hadimuljono, saat menggelar sidak pembangunan jembatan beberapa waktu lalu. (BW/El)

Leave a Reply