Scroll Untuk Baca Artikel
HeadlineOlahraga

Kisruh Soal Penolakan Timnas Israel di Piala Dunia U-20, Jokowi: Jangan Campur Aduk Urusan Olahraga dan Politik

×

Kisruh Soal Penolakan Timnas Israel di Piala Dunia U-20, Jokowi: Jangan Campur Aduk Urusan Olahraga dan Politik

Sebarkan artikel ini
jokowi soal timnas israel
Tangkapan layar siaran pernyataan Jokowi soal timnas Israel yang mendapat penolakan di Piala Dunia FIFA U-20, Selasa (28/3/2023).

JAKARTA, beritajateng.tv – Oktober 2019 lalu Indonesia terpilih menjadi tuan rumah Piala Dunia U-20 oleh FIFA. Namun, kemudian muncul banyak penolakan timnas Israel karena bakal turut serta dalam Piala Dunia U-20 di Indonesia. Pernyataan Jokowi soal timnas Israel yaitu menjamin keikutsertaan mereka pada gelaran Piala Dunia U-20.

“Kepastian timnas Israel lolos seleksi Piala Dunia U-20 baru kita ketahui pada bulan Juli 2022. Saya menjamin keikutsertaan Israel tidak ada kaitannya dengan konsistensi posisi politik luar negeri kita terhadap Palestina. Karena dukungan kita kepada Palestina selalu kokoh dan kuat,” ungkap Jokowi soal timnas Israel, Selasa (28/3/2023).

Advertisement
Scroll kebawah untuk lihat konten

Penuturan Jokowi soal timnas Israel sendiri mulanya juga tidak mengetahui keikutsertaan mereka sewaktu Indonesia terpilih menjadi tuan rumah Piala Dunia U-20. Saat ditunjuk menjadi tuan rumah, semua pihak belum mengetahui siapa yang bakal terpilih menjadi tim peserta karena masih melalui proses prakualifikasi.

BACA JUGA: Batal Drawing Pildun U-20, Ini 9 Sanksi yang Kemungkinan Bakal Menimpa Sepakbola Indonesia

Lewat siaran di kanal YouTube Sekretariat Pesiden, menurut Presiden Indonesia Jokowi soal timnas Israel sebagai negara yang terus berkonflik dengan Palestina ialah Indonesia bakalan mendukung adanya penyelesaian antara dua negara tersebut.

Hal ini menurutnya sesuai dengan konstitusi, yaitu menolak penjajahan dalam bentuk apa pun. Dan hal itu selalu pihaknya sampaikan dalam forum-forum bilateral, forum multilateral, maupun forum internasional lain.

“Pertama, ini prinsip, prinsip negara kita, Indonesia, yang selalu konsisten dan teguh dalam memperjuangkan dan mendukung kemerdekaan bangsa Palestina dan mendukung penyelesaian two-states solution, negara Israel dan negara Palestina merdeka,” tuturnya melalui siaran di kanal YouTube Sekretariat Presiden.

Tinggalkan Balasan