Scroll Untuk Baca Artikel
Jateng

Berniat Semarakkan Ramadan, Peserta Lomba Tek-Tek Ini Bergaya ala Pocong dan Tuyul!

×

Berniat Semarakkan Ramadan, Peserta Lomba Tek-Tek Ini Bergaya ala Pocong dan Tuyul!

Sebarkan artikel ini
lomba tek-tek
Kostum peserta lomba tek-tek yang bergaya ala pocong dan tuyul. Sabtu, 30 Maret 2024. (Foto: Heri).

BLORA, beritajateng.tv – Ikatan Remaja Masjid (IRMA) di Blora, Jawa Tengah, menggelar lomba tek-tek untuk memeriahkan bulan Ramadan 2024. Acara ini berlangsung di Masjid Ar-Rahman Perumda, Kelurahan Kunden, Kecamatan/Kabupaten Blora, pada hari Sabtu (30/3/2024).

Lomba tek-tek merupakan tradisi membangunkan sahur dengan menggunakan kentongan dan alat musik tradisional lainnya. Sebanyak enam peserta mengikuti acara ini yang berasal dari berbagai desa di Blora.

Advertisement
Scroll kebawah untuk lihat konten

Peserta Unik dengan Konsep Ingat Mati

Salah satu peserta lomba tek-tek yang menarik perhatian adalah grup dari Desa Tunjungan. Mereka menampilkan konsep “ingat mati” dengan mengenakan kostum pocong, tuyul, dan setan.

Meskipun begitu, aksi dan gesture tubuh mereka tak menunjukkan ekspresi menakutkan.

“Konsepnya ingat mati. Mengingat manusia di dunia bakal mati,” kata Muhammad Alfim, ketua grup Desa Punggur, Kecamatan Tunjungan, Sabtu 30 Maret 2024.

Grup ini berjoget dengan diiringi musik tradisional, kentongan, dan ember. Aksi mereka yang menghibur dan penuh makna ini membuat mereka menjadi juara 1 dalam lomba tersebut.

Tujuan Lomba Tek-Tek

Ketua RW 04 Perumda Kelurahan Kunden, Sugianto, mengatakan bahwa acara ini berlangsung untuk memeriahkan Ramadan di Masjid Ar-Rahman dan untuk nguri-uri budaya dan kearifan lokal Blora.

Tinggalkan Balasan