Marciano Norman Minta KONI Kembalikan Jateng ke Posisi Empat Besar PON

Ketua KONI Jateng Bona Ventura Sulistiana menerima pataka dari Ketua KONI Pusat Marciano Norman. (KONI Jateng)

SEMARANG, 9/3 (beritajateng.tv) – Ketua Umum Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI) Pusat Marciano Norman menaruh harapan besar kepada Bona Ventura, agar KONI Jateng bisa mengembalikan posisi Jateng ke empat besar di PON XXI Aceh-Sumut 2024 mendatang.

Hal itu disampaikan dalam Pengukuhan dan Pelantikan Pengurus KONI Jateng periode 2021-2025 di Gedung Gradhika Bhakti Praja, Semarang, Selasa (8/3/2022).

Menurut Marciano, PON XX Papua memang penuh dinamika dengan pemangkasan 10 cabang olahraga dan mutasi atlet, yang menjadi cabang dan atlet unggulan Jateng. Namun dengan posisi Jateng di urutan keenam PON, menjadi sesuatu yang tak lazim mengingat potensi atlet yang dimiliki provinsi ini.

”Bagi saya, bukan hal semestinya Jateng di posisi keenam. Jateng itu bersaing di empat besar bersama Jabar, DKI dan Jatim. Jadi saya pesan ke Pak Bona, kembalikan Jateng ke empat besar di PON nanti,” katanya.

Dia menyebut Jateng punya modal besar yaitu atlet-atlet berprestasi nasional dan kantong-kantong pembinaan.

Pelantikan ditandai dengan penyerahan bendera pataka dari Ketua Umum KONI Marciano Norman kepada Ketua Umum KONI Jateng Bona Ventura Sulistina didampingi tujuh pengurus harian. Karena situasi pandemi Covid-19, prosesi pelantikan diwakili delapan pengurus harian dari 50 pengurus KONI Jateng yang hadir.

Ikut hadir dalam acara tersebut, Wakil Ketua Umum II KONI Pusat Sudarmo, Wakil Ketua Umum IV KONI Pusat Christian Johanes (Chrisjon),  Sekda Jateng Sumarno, anggora Forkopimda Jateng, Kepala Disporapar Jateng Sinoeng Noegroho Rachmadi, para dewan pembina, penyantun dan penasihat KONI serta perwakilan KONI kabupaten/kota dan cabang olahraga.

Disela-sela pelantikan, dilakukan penyerahan tali asih kepada para atlet peraih medali di PON XX Papua, Oktober 2021 lalu.

Ketua Umum KONI Jateng Bona Ventura menandaskan ada empat hal yang akan dikuatkan selama kepemimpinannya. Yaitu harmoni, akuntabilitas, transparansi dan integritas.

Bona juga merasa bersyukur acara berjalan lancar dan tertib.  Mulai dari penyambutan tamu, acara utama pelantikan, penyerahan tali asih, peresmian Pusat Layanan Kesehatan Olahraga hingga Sarasehan Olahraga.

“Mengingat penerapan protokol kesehatan yang ketat, maka penempatan tamu undangan di ruang lain Gedung Gradhika Bhakti Praja. Ini tidak bermaksud mengurangi rasa hormat kepada para tamu undangan terutama ketua-ketua KONI Kabupaten/Kota dan Ketua Pengprov cabang olahraga. Jadi saya mohon maaf, mengurangi kenyamanan para tamu,’’ katanya.

Bona juga menyampaikan rasa terima kasih yang sangat dalam atas kehadiran para tamu. ‘’Sekali lagi, terima kasih atas kehadiran dan dukungan KONI Kabupaten/Kota dan Pengprov Cabang Olahraga,’’ tandasnya.

Gubernur Jateng Ganjar Pranowo berharap di bawah kepemimpinan Bona Ventura Sulistiana, pengurus KONI Jateng mampu membawa prestasi olahraga ke arah yang lebih baik, dengan mengedepankan good sports governance dalam pembinaan, mulai pembibitan atlet, pengembangan SDM, uji coba hingga laporan keuangannya.

Dia meminta agar Jateng berdaya saing, sudah saatnya mengubah strategi pembinaan model general, ke pembinaan skala prioritas seperti fokus pada cabang-cabang individual. Harapan Ganjar disampaikan secara virtual .

Usai pelantikan, dilakukan Sarasehan Olahraga dengan nara sumber Marciano Norman, Sudarmo, Christian Johanes, Bona Ventura dan dimoderatori Wakil Ketua Umum IV KONI Jateng Amir Machmud NS. (*)

Leave a Reply

Your email address will not be published.