Pemkot Bakal Selidiki Penyebab Banjir Bandang di Ngaliyan Semarang Selasa Mendatang

Plt Walikota Semarang Hevearita G Rahayu meninjau lokasi banjir di Mangkang Wetan.

SEMARANG, 13/11 (BeritaJateng.tv) – Dorongan DPRD Kota Semarang dan Plt Wali Kota Semarang Hevearita G Rahayu untuk melakukan investigasi penyebab banjir bandang di wilayah Ngaliyan, ditindaklanjuti oleh tim gabungan.

Pekan depan wilayah atas Kota Semarang akan disasar dalam pengecekan perizinan oleh tim penyidik dari Satpol PP dan instansi terkait.

DPU, Distaru, Disperkim dan Bagian Hukum Setda Kota Semarang akan bergabung dalam penyelidikan penyebab terjadinya banjir bandang itu.

“Selasa mendatang kami akan turun ke lapangan untuk melakukan pengecekan,” terang Kasatpol PP Kota Semarang, Fajar Purwoto di kantornya, Minggu (13/11/2022).

Berbagai informasi terkait alih fungsi lahan di wilayah atas Kota Semarang, diterangkannya telah dikantongi oleh tim gabungan.

Untuk itu tim akan menyisir Daerah Aliran Sungai (DAS) Beringin hingga ke wilayah Gunungpati Kota Semarang.

Penyelidikan di DAS Beringin dilakukan karena ada dugaan banyak proyek tak berizin yang menggunakan lahan hijau.

“Informasi dari masyarakat di wilayah atas Kota Semarang, banyak lahan hijau yang semestinya difungsikan untuk resapan air digunakan untuk proyek perumahan,” jelasnya.

Fajar menuturkan, galian C yang ada di wilayah atas juga akan didatangi oleh tim gabungan.

Izin penambangan serta mekanisme panggunaan lahan hingga recovery lingkungan nantinya akan ditinjau ulang.

Hasil pemetaan wilayah yang akan dilakukan itu akan jadi dasar laporan ke Plt Wali Kota Semarang.

“Jika ada yang menyalahi aturan, baik perumahan atau tambang akan kami segel, termasuk bangunan yang tidak pada tempatnya atau berdiri di atas saluran hingga sepadan sungai, akan dilakukan pembongkaran,” tegasnya.

Leave a Reply