Gandeng Kesenian Barongan Lokal, Dinkominfo Sosialisasikan Ketentuan Cukai Tembakau

Kesenian Barongan Lokal Sosialisasikan Ketentuan Cukai Tembakau

BLORA, 13/11 (BeritaJateng.tv) – Dinas Komunikasi dan Informatika (Dinkominfo) Kabupaten Blora bekerja sama dengan Kantor Pengawasan dan Pelayanan Bea dan Cukai (KPPBC) Tipe Madya Kudus menyelenggarakan Sosialisasi Ketentuan di Bidang Cukai Tembakau (DBH CHT) 2022 di panggung terbuka Stadium Seni Budaya Tirtonadi Blora, Sabtu (12/11/2022) malam.

Menariknya acara tersebut menggandeng kesenian barongan lokal Blora, sehingga menjadikan warga sangat antusias menyaksikan sosialisasi itu.

Acara yang digelar dengan menampilkan Group Seni Barongan Sami Mulang Joyo Blora ini, menjadi magnet bagi warga masyarakat untuk datang menyaksikan sambil membuat dokumentasi.

Pentas kesenian barongan praktis menjadi pemantik kerinduan publik Blora khususnya pada seni budaya setempat yang terjeda pandemi Covid-19. Sekaligus menyambut peringatan Hari Jadi ke-273 Kabupaten Blora.

Bahkan Bupati Blora H. Arief Rohman secara tiba-tiba juga hadir menyaksikan bersama putranya.

Kepala Dinkominfo Blora Pratikto Nugroho,dalam sambutannya, sempat menyatakan kaget dengan kedatangan Bupati Blora.

“Kaget saya, Pak Bupati rawuh, padahal gak ada bisik-bisik ya. Terimakasih Pak Bupati, sampun kersa rawuh,” ucap Kepala Dinkominfo Blora Pratikto Nugroho sambil tersenyum bahagia.

Dikatakannya, acara yang diselenggarakan malam itu sebagai pemanasan dalam rangka menyambut peringatan Hari Jadi ke-273 Kabupaten Blora yang tahun ini sungguh luar biasa.

“Ke depan nanti hiburan full, untuk Kabupaten Blora, dalam rangka perayaan Hari Jadi ke-273. Maka jangan tinggalkan websitenya Dinkominfo Blora, anda ikuti, semua jadwal, semua kegiatan nanti ada disitu,” ungkapnya.

Pratikto mengatakan, kegiatan itu diselenggarakan berkaitan dengan Sosialisasi Ketentuan di Bidang Cukai Tembakau (DBH CHT) 2022. Ia mengucapkan terimakasih kepada para seniman dan warga masyarakat yang ikut mendukung dengan digelarnya acara tersebut, khususnya peringatan Hari Jadi Kabupaten Blora.

“Malam ini kita tampikan group seni barongan Sami Mulang Joyo. Selain itu, nanti akan tampil juga paguyuban seni barongan Blora, di Ngawen akan diselenggarakan pagelaran kolosal yang diikuti 50 barongan,” jelasnya.

Kepala Dinkominfo Blora juga menyampaikan, dengan digelarnya pertunjukan seni barongan, berarti ikut melestarikan seni tradisional peninggalan leluhur.

“Kalau bukan kita, siapa lagi yang akan melestarikan, sehingga bisa maju dan berkembang,” tegasnya.

Dalam kesempatan itu Bupati Blora H. Arief Rohman,yang akrab di sapa Mas Arief mengawali sambutannya dengan menyampaikan ucapan selamat Hari Ayah Nasional 2022.

“Saya tadi diajak makan sama anak saya, dalam rangka Hari Ayah Nasional 2022. Selamat untuk ayah semuanya ya. Hari ini hari Bapak, hari ayah. Jadi dengar ada barongan disini, anak saya ini meski lahir di Jakarta, tapi suka barongan, maka requestnya, nanti Hari Jadi Kabupaten Blora ada Festival Barongan,” ucap Bupati Blora.

Mas Arief menyatakan, nanti dalam rangka Hari Jadi ke-273 Kabupaten Blora, karena sudah lama tidak ada hiburan, akibat pandemi Covid-19, maka nanti kita awali tanggal 19 November 2022 yang infonya akan ada barongan di Ngawen.

“Nanti tangal 24 November 2022, insya Allah, akan ada Denny Caknan dan Yeni Inka, diawali sebelumnya Gus Miftah, sorenya. Nanti juga ada Kethoprak Humor, yang main kalau bisa Kepala Dinas. Pak Pratik main nanti biar lucu, disini juga,” kata Bupati Blora.

Selain itu, pertunjukan wayang kulit, ada dalang nasional dan lokal. Mulai di Blora, Cepu, Japah, Jati dan lainnya.

“Nanti, ini lain daripada yang lain, ada kirab pusaka, tanggal 3 Desember 2022 malam. Insya Allah, dari ISI Surakarta dan GPH Bhre Cakrahutomo raja Puro Mangkunegara akan hadir, tapi malam,” tambah Bupati Blora.

Pada tanggal Hari Jadi Kabupaten Blora 11 Desember 2022, lanjut Bupati Blora, ada kirab budaya.

“Dan masih banyak yang lain, jadi selama bulan November-Desember 2022 ini akan ada banyak tampilan, termasuk nanti ada Salawatan Habib Syech dan lainnya. Nanti bisa lihat informasinya dari Dinkominfo,” kata Bupati Blora.

Bupati Blora menyatakan, bahwa kita uri-uri budaya Jawa, salah satunya seni barongan. Sekaligus menandaskan akan ada MoU dengan Institut Seni Indonesia (ISI), sehigga anak-anak Blora yang berbakat nanti bisa kuliah di ISI.

“Nanti kita kerja sama dengan Pak Rektor, dalang-dalang kecil kita banyak, termasuk pemain barongan kita, saya kira terbesar di Indonesia, adanya di Blora. Makanya banyak yang menyebut Blora ini Kota Barongan. Insya Allah akan terus kita lestarikan,” tandasnya.

Bupati juga meminta setiap malam minggu di Stadium Seni Budaya Tirtonadi Blora ditampilkan hiburan secara bergilir.

“Group barongan kita kan banyak, dengan Dinporabudpar, nanti coba mulai diprogramkan, kalau tidak bisa seminggu sekali, ya dua minggu sekali minimal. Entah itu barongan, kethoprak atau yang lainnya kita tampilkan disini,” tambahnya.

Bupati mengatakan, bagi para penonton yang hadir pada malam itu, meski tidak woro-woro yang hadir banyak.

“Berarti ini menandakan, warga masyarakat haus hiburan dan minat untuk berkebudayaan sangat luar biasa. Dan dalam rangka Sosialisasi Ketentuan di Bidang Cukai Tembakau juga banyak kegiatan yang kita selenggarakan,” kata Bupati Blora.

Bupati mengucapkan terimakasih kepada seluruh masyarakat untuk Sesarengan mBangun Blora, semoga Blora kedepan lebih baik.

“Kita sekarang lagi bangun jalan, infrastruktur kita tingkatkan, tidak lupa juga kita terus uri-uri kesenian dan kebudayaan agar kita menjadi bangsa yang besar, yang melestarikan kebudayaan,” pungkasnya.

Sementara itu adegan pertunjukan yang ditampilkan oleh group Sami Mulang Joyo sukses memikat penonton baik yang menyaksikan secara langsung dan melalui live streaming di kanal YouTube Dinkominfo Blora.

Pesan berkaitan dengan ajakan untuk mencegah peredaran rokok ilegal disampaikan kepada publik dalam kemasan seni pertunjukan yang apik.

“Manuk blekok sobo ning tegal, yen tuku rokok kudu sing legal,” ucap Ratih, pemain seni barong perempuan dalam parikan.

Ratusan penonton tak bergeming hingga acara selesai. Hadir pada kesempatan itu, di antaranya Kepala Kelurahan Kedungjenar Suntarsih, Sekcam Blora Setyo Pujiono, Kabid Kebudayaan Dinporabudpar Budi Riyanto, Sekdin Kominfo Bambang Setya Kunanto beserta Kabid dan Sub Koordinator. (Her/El)

Leave a Reply