Petugas Gabungan di Blora Lakukan Pemeriksaan Hewan Ternak di Perbatasan

Petugas Gabungan di Blora Lakukan Pemeriksaan Hewan Ternak di Perbatasan

BLORA, 15/8 (BeritaJateng.tv) – Cegah Penyakit Mulut Dan Kuku (PMK) petugas gabungan di Blora genjot pemeriksaan hewan ternak yang akan diperjualbelikan ke pasar hewan di Blora.

Petugas gabungan yang terdiri dari anggota Polsek Kunduran Polres Blora, bersama Koramil, Satpol PP dan Dinas Pangan, Peternakan, dan Perikanan (DP4) Kabupaten Blora itu, memeriksa satu persatu kesehatan hewan ternak diperbatasan Grobogan Blora, Senin (15/8/2022).

Untuk diketahui pasar hewan di Blora ini buka setiap lima hari sekali tepatnya setiap Pon atau dikenal dengan pasar Pinang.

Kambing dan sapi dari berbagai daerah akan berdatangan ke Blora, Jawa Tengah dihari tersebut. Untuk antisipasi itulah petugas gabungan melakukan pemeriksaan dan penyekatan lalu lintas hewan ternak yang akan masuk ke wilayah kabupaten Blora.

Nampak petugas gabungan menghentikan kendaraan yang muat hewan ternak, kemudian melakukan pemeriksaan kesehatan hewan serta melakukan penyemprotan disinfektan.

Kapolsek Kunduran Iptu Kumaidi mengatakan kegiatan pemeriksaan dan pengawasan ini, akan terus dilakukan secara berkala, terutama pada saat pasaranhewan.

“Harapannya dapat memastikan kesehatan hewan. Karena jika ditemukan hewan yang sakit dengan ciri ciri penyakit PMK bisa langsung kita tindaklanjuti secara cepat,” kata Iptu Kumaidi.

“Alhamdulilah tidak ditemukan hewan yang sakit, namun demikian masyarakat tetap kita imbau harus selalu waspada PMK dengan menjaga kebersihan hewan dan kandang,” tandasnya. (Her/El)

Leave a Reply