Pipa Minyak Pertamina Bocor, Warga Ramai-ramai Mengambil Minyak

Pipa Minyak Pertamina Bocor, Warga Ramai-ramai Mengambil Minyak

BLORA, 15/3 (BeritaJateng.tv) – Pipa penyaluran minyak mentah Pertamina EP Field Cepu mengalami kebocoran. Tepatnya ditepi jalan Nasional di desa Pojokwatu, Kecamatan Sambong, Kabupaten Blora, Jawa Tengah.

Pantauan dilapangan tampak warga beramai ramai mengambil tumpahan minyak mentah itu. Ada yang menggunakan gerigen, ada pula yang menggunakan botol aqua.

Menurut keterangan warga sekitar kebocoran pipa terjadi pada Selasa (15/3/2022) pukul 15.00 WIB. Saat itu hujan deras dan tercium bau menyengat khas minyak mentah. Setelah hujan reda dan di cek, ternyata benar. Minyak meluber melui drainase, ingga sungai kecil.

“Tahunya tadi jam setengah lima. Tapi kata warga sekitar tadi sudah tercium sejak sebelum hujan. Jam 3 an sore,” ungkap Suntari.

Suntari mengaku, mulai ikut mengambil minyak sekira pukul 17.00 WIB. Hingga menjelang waktu sholat isak, 3 jerigen miliknya hampir penuh.

“Tidak bisa dijual Mas, rencana buat siram-siram. Karena warung saya pinggir sawah dan banyak semut,” ungkapnya.

Rahmad warga lain yang saat itu sedang lewat membeli bahan bakar. Tiba-tiba juga mencium bau minyak. “Setelah saya cek di selokan ternyata air selokan berwarna hitam bercampur minyak,” ujarnya.

Petugas dari Pertamina EP Field Cepu, saat ini sedang menangani kebocoran pipa minyak mentah itu.

Pantauan di lapangan, ada 6 unit mobil pemadam kebakaran dikerahkan di lokasi yang terletak di sepanjang jalan Cepu-Blora itu.

Cepu Field Manager Pertamian EP, Agung Wibowo, menyampaikan, malam ini tim dari Pertamina masih menangani kebocoran pipa tersebut. “Sedang proses penanganan tim, alhamdulillah sdh terkondisikan,” ungkap Agung. (Her/El)

Leave a Reply

Your email address will not be published.