Scroll Untuk Baca Artikel
Jateng

Pj Gubernur Sebut 9 Daerah di Jateng Ini Berstatus Tanggap Darurat Bencana

×

Pj Gubernur Sebut 9 Daerah di Jateng Ini Berstatus Tanggap Darurat Bencana

Sebarkan artikel ini
Pj Gubernur Jateng Nana Sudjana. (Pemprov Jateng)
Pj Gubernur Jateng Nana Sudjana. (Pemprov Jateng)

SEMARANG, beritajateng.tv –Penjabat Gubernur Jawa Tengah Nana Sudjana menghimbau kepada masyarakat untuk meningkatkan kewaspadaan dan kesiapsiagaan.

“Kewaspadaan dan kesiapsiagaan harus ditingkatkan. Kami juga sudah menyiapkan untuk evakuasi, posko kesehatan kami standby terus, dan bantuan-bantuan kepada masyarakat. Tanggul-tanggul yang ada akan dievaluasi dan secara bertahap akan melakukan perbaikan,” jelas Nana Sudjana, Kamis 18 Maret 2024.

Advertisement
Scroll kebawah untuk lihat konten

Sebanyak sembilan kabupaten/kota di Jawa Tengah berstatus tanggap darurat bencana banjir. Yakni Kota Pekalongan, Kabupaten Pekalongan, Kendal, Kota Semarang, Demak, Kudus, Pati, Jepara, dan Grobogan.

Berdasarkan perkiraan Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG), cuaca ekstrem masih memungkinkan terjadi hingga 20 Maret 2024 mendatang. Setelah itu, baru mengalami tren penurunan curah hujan. Adapun masa peralihan (pancaroba) baru pada April-Mei.

Nana Sudjana mengatakan, Provinsi Jawa Tengah merupakan daerah yang rawan bencana. Sejak Januari hingga 14 Maret 2024, BPBD Jateng telah mencatat sebanyak 134 kejadian bencana, yang meliputi 61 angin kencang, 53 banjir, 18 tanah longsor, dan 2 kebakaran permukiman atau gedung.

BACA JUGA: Ini Cara Pj Gubernur Jateng Nana Sudjana Antisipasi Cuaca Ekstrem

Atas rentetan bencana itu, sebanyak 226.601 jiwa terdampak. Kemudian sebanyak 36.086 jiwa mengungsi, dan 15 korban meninggal dunia.

“Termasuk kemarin banjir di Kabupaten Pekalongan yang menyebabkan dua orang meninggal,” kata Nana Nana usai Rapat Koordinasi Kebencanaan Tingkat Provinsi Jawa Tengah Tahun 2024 di Kantor Gubernur Jawa Tengah, Senin, 18 Maret 2024.

Tinggalkan Balasan