Ramadan Jadi Momentum Hotel-hotel di Semarang untuk Bangkit

Menu Buka Puasa di Noormans Hotel Semarang.

SEMARANG, 2/4 (BeritaJateng.tv) – Momentum Ramadan 2022 menjadi peluang bagi perhotelan di Semarang untuk kembali bangkit setelah terdampak pandemi Covid-19. Hotel-hotel mulai menyiapkan paket buka bersama.

Ketua Indonesia Hotel General Manager (IHGM) Jawa Tengah, yang juga General Manager Normans Hotel Semarang, Noor Cholis mengatakan, hotelnya telah menyiapkan paket spesial buka bersama (PSBB) dengan menu nusantara yang berbeda setiap harinya. Bahkan dengan harga terjangkau hanya Rp 95 ribu, para tamu sudah bisa menikmati seluruh hidangan.

Meski belum masuk Ramadan, dia menilai, antusiasme masyarakat untuk menggelar buka bersama sangat tinggi. Dia mencatat, saat ini sudah ada sejumlah perusahaan maupun komunitas yang memesan untuk acara buka bersama di hotelnya. Hal ini menandakan kegiatan buka bersama sangat diminati masyarakat.

“Masyarakat itu cinta bukber. Di resto hotel segala kelas, saya kira mereka menyiapkan hal itu. Maka, kami juga menggarap bukber karena menyadari kegiatan turun saat Ramadan.
Ini sudah mulai banyak yang booking,” ujar Noor Cholis, usai launching paket spesial buka bersama (PSBB) di Hotel Noormans Semarang.

Lebih lanjut, dia menilai kebijakan pemerintah kini sudah pro terhadap bisnis perhotelan, misalnya penurunan level PPKM memberikan pelonggaran kegiatan. IHGM tentu sangat mendukung kebijakan tersebut.

Pasalnya, kebijakan itu sangat berpengaruh terhadap dunia perhotelan. Terbukti, okupansi hotel yang semula hanya 50 persen pada Februari lalu meningkat menjadi 70 persen pada Maret ini.

“Tren salah satu bikin ramai Maret ini karena menjelang Ramadan. Kegiatan dipadatkan pada Maret. Kebetulan ada event besar, seperti sekarang ada healthy summit, itu sangat berpengaruh,” ujarnya.

Di sisi lain, pihaknya juga menyambut baik kebijakan pemerintah membolehkan mudik Lebaran. Dia yakin, kebijakan itu akan berpengaruh terhadap okupansi hotel. Apalagi, libur Lebaran terdapat akhir pekan yang memungkinkan masyarakat berlibur dan menginap di hotel. (Ak/El)

Leave a Reply

Your email address will not be published.