Sedekah Bumi Warga Blora dengan Menggelar Beksan Tayub

Sedekah Bumi Warga Blora dengan Menggelar Beksan Tayub

BLORA, 1/7 (BeritaJateng.tv) – Warga desa Nglobo Kecamatan Jiken, Kabupaten Blora, Jawa Tengah menggelar sedekah bumi, sambil uri uri budaya jawa dengan tarian beksan tayub.

Acara di gelar di Sendang Sumurboto, dukuh Payaman, desa Nglobo, Jumat (1/7/2022). Uniknya dalam acara tersebut warga desa wajib menggelar beksan tayub ditempat tersebut.

Kepal desa Nglobo, Pudik Harto mengatakan beksan tayub ini wajib, lantaran warga setempat meyakini jika tidak ada tayub pernah terjadi pagebluk.

“Dulu pernah tidak ada beksan tayub, menurut warga setempat ada sesutau terjadi disini dan diyakini karena tidak menggelar beksan tayub,” kata Pudik, Jumat (1/7/2022).

Ditambahkan Pudik, bahwa sedekah bumi di dukuh Payaman ini adalah merupakan pertama kali digelar semeriah ini, karena dua tahun lalu ditiadakan akibat pamdemi covid 19.

Tampak sejumlah warga bahagia dengan adanya acara sedekah bumi kali ini. Mereka membawa hasil bumi dan sodakoh berupa makanan, yang dikumpulkan jadi satu untuk didoakan oleh modin sesepuh desa tersebut.

Sebelum didoakan disuguhkan beksan tayub dengan dua sinden. Kepala desa berserta jajaranya dan Kapolsek Jiken memulai untuk ikut beksan atau nari bersama dua sinden diiringi gamelan jawa.

Usai beksan tayub, acara dilanjutkan dengan berdoa bersama. Setelah doa selesai mereka berebut makanan yang telah didoakan.

“Harapan saya dengan diadakan sedekah bumi, satu agar kerukunan masyarakat terjaga, kedua sifat gotong royong terjaga, dan terakhir nguri nguri budaya jawa dari peninggalan leluhur kita,” Katanya. (Her/El)

Leave a Reply

Your email address will not be published.