Semarak Pameran Pekan Raya Kajen 2022, Ribuan Pelajar Diedukasi dan Menambah Ilmu

Semarak Pameran Pekan Raya Kejen 2022

KAJEN, 29/8 (BeritaJateng.tv) – Ribuan pelajar Siswa dan Siswi dari berbagai sekolahan tingkat SD, SMP, SMA se – Kabupaten Pekalongan, berkunjung ke Pameran Nasional Hybrid Expo Pekan Raya Kajen 2022, yang terselenggara di Alun-Alun Kajen, Kab.Pekalongan, Jawa Tengah, Senin, 29 Agustus 2022.

Kunjungan ke pameran tersebut bertujuan untuk memperkenalkan kepada para pelajar bahwa, gelaran Pekan Raya Kajen 2022 yang merupakan agenda tahunan dan merupakan pameran bersekala Nasional ini, memiliki banyak edukasi dan permainan menarik.

Diketahui bahwa, Pameran Nasional Pekan Raya Kajen 2022, bukan hanya menghadirkan peserta pameran dari UMKM dan kuliner saja, namun juya terdapat stand-stand peserta pameran dari seluruh dinas di Kabupaten Pekalongan.

Diantaranya, stand dari Dinkes dan 27 Puskesmas Kabupaten Pekalongan, Polres Pekalongan, Dinas Ketahanan Pangan dan Pertanian, Dinas Perindustrian dan Perdagangan, Bapenda Litbang, Dinas Kepemudaan, Olahraga dan Pariwisata (DINPORAPAR), Dinkominfo, Dharma Wanita Persatuan, Dinas P3A dan PPKB, DPU TARU, Dpmptsp, Dinas Kelautan dan Perikanan.

Selain itu juga ada Dinas Koperasi, Usaha Kecil dan Menengah dan Tenaga Kerja Kabupaten Pekalongan, Dinperkim dan LH, Dinas Pendidikan dan Kebudayaan, Dekranasda, TP PKK Kab.Pekalongan, Dinas Arpus, Stand Kodim 0710/Pekalongan, Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil, serta Kementerian Agraria dan Tata Ruang/Badan Pertahanan Nasional, Kantor Pertahanan Kabupaten Pekalongan dan stand dinas lainnya.

Dari beberapa stand kedinasan yang ikut berpartisipasi, yang paling ramai dikunjungi oleh para pelajar yakni, Dinas Kepemudaan, Olahraga dan Pariwisata (DINPORAPAR), Kabupaten Pekalongan.

Pasalnya, Dinporapar Kabupaten Pekalongan, menyediakan berbagai edukasi dan permainan menarik seperti, lempar bola kedalam gelas, dan pengetahuan atau edukasi seputar dunia pariwisata.

“Tadi kita ajak main lempar bola, dan pengetahuan seputar dunia wisata yang ada di kabupaten pekalongan. Itu semua untuk melatih melatih motorik anak dan belajar fokus,” kata Staf Dinas Pemuda, Olahraga dan Pariwisata Kab.Pekalongan, Nanika.

Selain itu, Nanika, yang saat itu kebetulan juga sedang menjaga stand, kepada Kabarku.net menjelaskan, bahwa para pelajar yang berkunjung ke stand akan diajarkan dan diajak untuk mengenal banyak pesona wisata yang ada di Kabupaten Pekalongan.

“Mengenalkan wisata yang ada di kabupaten pekalongan, sebagai ajang edukasi adek-adek ini agar lebih terbuka luas wawasan pengetahuannya tentang pesona keindahan wisata yang ada di sini,” jelasnya.

Nanika mengaku, dunia pariwisata ini sempat mengalami kefakuman akibat pandemi covid, untuk itu, lanjut dia, bahwa ini merupakan kesempatan bagi Dinporapar untuk kembali bangkit dan memperkenalkan dunia wisata kepada generasu muda.

“Tentu kita tau, pandemi merenggut semua sektor yang ada, termasuk sektor pariwisata. Dengan adanya Pekan Raya Kajen 2022, ini kesempatan kami untuk kembali mendekatkan diri kepada generasi-generasi muda, dan bersosialisasi tentang dunia pariwisata yang ada di Kab.pekalongan. seneng banget bisa berbagi ilmu pengetahuan kepada para pelajar,” terangnya.

Selain dari Dinporapar, juga ada stand yang tidak kalah ramai, yakni stand Dinas Kelautan dan Perikanan Kabupaten Pekalongan. Di sini, para pelajar dikenalkan tentang salah satu jenis kapal penangkap Ikan Tongkol/Tuna, yakni Kapal Cakalan dengan JT150.

Selanjutnya, para pelajar ini juga di berikan edukasi pengetahuan soal jenis-jenis biota laut hasil tangkapan nelayan POD (Perairan Umum Darat), seperti Kerang Sriping, Kerang Ijo, Kerang Dara, Kepiting Bangkok, jenis-jenis Udang dan ikan-ikanan.

Bukan hanya itu, Stand dari Dinkominfo Kabupaten Pekalongan, juga menyediakan permainan pendidikan, seperti game tebak tokoh-tokoh pahlawan, tebak nama Ibu Kota, tebak lambang negara dan game pendidikan lainnya.

Sedangkan Stand yang juga tamai dikunjungi berikutnya, yakni stand Polres Pekalongan. Karena para pelajar yang berkunjung, dikenalkan dengan peralatan dan infestaris milik Polri. Para Siswa dan Sisiwi ini kemudian juga, dijak untuk mengenal alat-alat persenjataan dan jenis kendara milik Polisi.

Selain mengedukasi, para pelajar ini juga diajak untuk berfoto dengan properti yang disediakan, berfoto dengan anggota/personil kepolisian yang bertugas di Stand Pameran.

Sebagai Informasi, bahwa tradisi setiap tahunnya, ketika ada Pekan Raya Kajen, para pelajar yang ada di Kabupaten Pekalongan, dengan didampingi guru pendamping di masing-masing sekolahan, diwajibkan mengajak Siswa-Siswinya untuk berkunjung ke pameran agar teredukasi.

Intan, pelajar kelas 12 dari SMK Muhammadiyah Kajen, Kabupaten Pekalongan, mengaku bahwa, pihaknya ditugaskan gurunya untuk mencari pengetahuan dan edukasi seputar dunia usaha di pameran Pekan Raya Kajen 2022.

“Saya kesini bersama teman-teman yang lain dari SMK Muhammadiyah Kajen, diutus untuk belajar bagaimana cara agar bisa menjadi pengusaha sukses. Jadi kita itu ditugaskan wawancara pedang atau pelaku UMKM yang ada disini,” ungkap Intan.

Intan juga menjelaskan bahwa, tugas yang diberikan dari sekolahan ini, agar kelak jika sudah lulus sekolah, bisa berwirausaha.

“Kami didampingi guru-guru, dan sudah ijin orang tua juga, kalau ada kegiatan atau tugas dari sekolahan. Seneng sih, sangat mengedukasi sekali, banyak permainan yang positif dari stand kedinasan dan banyak ilmu-ilmu kewirausahaan yang bisa kami dapatkan,” tandasnya. (Ak/El)

Leave a Reply