Scroll Untuk Baca Artikel
Jateng

Semarang Bakal Jadi Tuan Rumah Event Hari Keluarga Nasional (Harganas) Ke-31

×

Semarang Bakal Jadi Tuan Rumah Event Hari Keluarga Nasional (Harganas) Ke-31

Sebarkan artikel ini
Semarang Bakal Jadi Tuan Rumah Event Hari Keluarga Nasional (Harganas) Ke-31
Walikota Semarang Hevearita Gunaryanti Rahayu berfoto bersama dengan jajaran BKKBN RI mempersiapkan kegiatan Harganas ke-31. (Ellya/beritajateng.tv)

SEMARANG, beritajateng.tv – Kota Semarang kembali menjadi tuan rumah kegiatan Nasional oleh Pemerintah Pusat, peringatan Hari Keluarga Nasional (Harganas) ke-31.

Setelah sukses menjadi tuan rumah Hari Anak Nasional di 2022 oleh Kementerian Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak RI. Kali ini Semarang di dapuk menjadi tuan rumah Hari Keluarga Nasional (Harganas) ke-31 tahun.

Advertisement
Scroll kebawah untuk lihat konten

Harganas merupakan kegiatan rutin dari Badan Kependudukan dan Keluarga Berencana Nasional (BKKBN) RI di setiap kota di Indonesia.

Deputi Bidang Keluarga Sejahtera dan Pemberdayaan Keluarga (KSPK) BKKBN RI, Nopian Andusti menyebut, Kota Semarang terpilih karena memenuhi dua pertimbangan penting.

“Yang pertama dari sisi Indek Pembangunan Keluarga dengan tolak ukur ketenteraman, kebahagiaan dan kemandirian masyarakatnya. Jadi kota Semarang ini sudah hampir 65,95 persen indeksnya dari skala 1-100. Sedangkan Nasional baru di angka 56 persen. Ini jauh lebih tinggi dari angka Nasional,” kata Deputi.

Kedua, lanjutnya, pertimbangan lainnya yakni Pemerintah Kota Semarang berhasil menekan angka prevalensi stunting di tahun 2022. Tahun 2022 prevalensi stunting kota Semarang turun di angka 10,40 persen. Angka ini jauh di bawah target standar Nasional 14 persen ini berdasarkan data Survey Status Gizi Indonesia (SSGI).

Semarang Tuan Rumah Harganas

“Ini apresiasi dan penghargaan pemerintah pusat kepada kota Semarang yang sudah menorehkan prestasi luar biasa. Bukan hanya dari sisi penurunan stuntingnya. Tapi juga mewujudkan kota yang tentram, bahagia dan mandiri,” kata Nopian.

Dengan terpilihnya Kota Semarang sebagai tuan rumah. Nopian berharap segala kesiapan baik dalam sarana prasarana serta infrastruktur bisa terpenuhi.

“Pemkot Semarang siap, Provinsi juga siap, tinggal kita matangkan persiapannya. Tapi yang paling penting seperti ibu Walikota sampaikan bahwa kegiatan ini bukan hanya seremonial hari puncak dengan upacara saja. Tapi juga ada rangkaian kegiatan program Pembangunan Keluarga, Kependudukan dan Keluarga Berencana (Bangga Kencana) di Jawa Tengah. Dan gaungnya itu dari Semarang ke seluruh Indonesia,” imbuhnya.

Tinggalkan Balasan