Scroll Untuk Baca Artikel
Nasional

SKK Migas Gelar Workshop Teknologi dan Pemanfaatan Gas

×

SKK Migas Gelar Workshop Teknologi dan Pemanfaatan Gas

Sebarkan artikel ini
Workshop Teknologi dan Pemanfaatan Gas
Workshop Teknologi dan Pemanfaatan Gas sekaligus Kegiatan Pra-Kapnas III oleh Forum Gas di Surabaya, Jawa Timur, Senin 3 Juli 2023. (Hery P/beritajateng.tv)

SURABAYA, beritajateng.tv – Sat Kerja Khusus Pelaksana Kegiatan Usaha Hulu Minyak dan Gas Bumi atau SKK Migas menggelar workshop teknologi dan pemanfaatan gas.

Workshop Teknologi dan Pemanfaatan Gas merupakan tindak lanjut dari inisiasi Forum Gas Expo di Tahun 2022.

Advertisement
Scroll kebawah untuk lihat konten

Kemudian di dengungkan kembali melalui Gas Forum yang berlangsung secara bersamaan dengan Kegiatan Pra-Kapnas III pada tanggal 22 – 24 Mei 2023.

SKK Migas berharap keberadaan kegiatan Workshop ini dapat mempertemukan stakeholder gas dari produsen gas hulu, gas trader, industri, dan pemerintah daerah.

Sekaligus memberikan pemahaman bagi para peserta tentang teknologi terkini pengolahan gas. Meliputi implementasi teknologi gas, perkiraan potensi gas, kemampuan penyerapan pasar gas. Metode konversi dari minyak ke gas dari akademisi, pemanfaatan sampai sistem transportasi gas. Sehingga di harapkan dapat membuka peluang pemanfaatan-pemanfaatan baru untuk menjawab tantangan kelebihan gas.

Dengan tingkat serapan gas seperti saat ini, maka sampai 10 tahun ke depan gas yang memjadi produksi KKKS di Jawa Timur, Jawa Tengah di perkirakan akan terus over supply.

Kepala Perwakilan SKK Migas Jawa, Bali dan Nusa Tenggara Nurwahidi menjelaskan bahwa realisasi produksi minyak Jabanusa sampai 31 Mei 2023 rata-rata 198.79 ribu BOPD. Lebih tinggi dari target Work Program & Budgeting 2023 sekitar rata-rata 164.22 ribu BOPD (115.2 persen).

Sementara untuk realisasi lifting, salur, serapan gas Jabanusa sampai 31 Mei 2023 rata-rata 545.18 MMSCFD. Lebih rendah dari target WP&B 2023 sekitar rata-rata 744.5 MMSCFD (75.1 persen).

Padahal potensi kemampuan lifting gas 2023 sekitar 756,57 MMSCFD setelah lapangan JTB onstream (September 2022). Dan MDA MDH onstream (November 2022) yang akan diikuti juga onstream-nya lapangan MAC dalam waktu dekat.

Keberkahan gas yang belum terserap inilah yang menjadi harapan kita bersama agar dapat terserap dengan optimal.

Sementara itu, Deputi Keuangan dan Komersialisasi SKK Migas, Kurnia Chairi mengatakan volume kebutuhan migas masih akan meningkat hingga tahun 2050. Hal ini seiring dengan meningkatnya kebutuhan energi nasional.

Workshop Teknologi dan Pemanfaatan Gas

” Gas bumi akan memainkan peran kunci selama transisi energi untuk menjaga keseimbangan keamanan energi yang tepat. Sekaligus memberikan komitmen yang kredibel untuk transisi energi,”ungkap Kurnia.

Tinggalkan Balasan