Tak Ada Kunjungan Lebaran, Lapas Semarang Fasilitasi Napi dengan Video Call

Tak Ada Kunjungan Lebaran, Lapas Semarang Fasilitasi Napi dengan Video Call

Semarang, 5/5 (BeritaJateng.tv) – Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Kelas I Semarang kembali memfasilitasi layanan kunjungan online bagi narapidana di moment Hari Raya Idul Fitri 1443 Hijriah.

Layanan ini diberikan secara gratis sejak Senin (02/05) hingga Rabu (04/05) dengan
tujuan untuk memberikan rasa aman dan nyaman bagi narapidana yang sedang menjalani masa pidana dalam masa pandemi Covid-19.

Kalapas Semarang, Tri Saptono Sambudji menjelaskan bahwa kunjungan online ini menjadi layanan alternatif yang diberikan kepada masyarakat dan warga binaan.

“Sejauh ini kunjungan secara tatap muka masih belum bisa dilaksanakan untuk mencegah penyebaran Covid-19,” jelas Tri Saptono.

“Komunikasi dengan keluarga merupakan salah satu hak narapidana, sehingga kami tetap menyediakan kunjungan online melalui video call,” lanjutnya.

Selain layanan kunjungan online, pihak Lapas juga telah menyediakan warung telekomunikasi khusus (wartelsus) yang dilengkapi sarana videocall sehingga narapidana yang ingin berkomunikasi dengan keluarganya dapat memanfaatkan fasilitas tersebut.

“Harapannya layanan kunjungan online melalui video call ini dapat mengobati rasa rindu mereka,”harap Kalapas.

Para petugas Lapas pun akan selalu siap untuk membantu menghubungkan narapidana dengan keluarganya meskipun di hari libur lebaran.

Salah satu narapidana, Prastyo mengapresiasi dan mensyukuri fasilitas video call yang disediakan Lapas Semarang.

“Alhamdulillah, dengan adanya layanan video call ini saya bisa melepas kangen dengan keluarga di luar sana. Rasanya terharu layanan masih tetap diberikan oleh pihak lapas walau dalam situasi lebaran,” ungkapnya.

Selain itu, pihak Lapas juga melayani pengiriman barang atau makanan untuk narapidana dengan layanan drive thru. Pada edisi lebaran kali ini dilayani dari pagi hingga sore hari selama tiga hari lebaran. Pelaksanaannya tetap melewati proses pemeriksaan yang ketat oleh petugas dengan melibatkan seluruh petugas lapas serta pengaman oleh Polsek Ngaliyan serta Koramil Ngaliyan. (Ak/El)

Leave a Reply

Your email address will not be published.